Wasit Final Copa America Punya Sejarah Buruk dengan Messi

Claus dianggap pilihan yang buruk oleh fans Argentiina

Jakarta, IDN Times - Duel Argentina versus Kolombia dalam final Copa America 2024 di Hard Rock Stadium, Senin pagi WIB (15/7/2024), dipimpin oleh wasit asal Brasil, Raphael Claus. Pemilihan Claus ternyata menjadi sebuah fenomena menarik karena punya sejarah panjang dengan Argentina dan Lionel Messi.

Hadirnya Claus bukan gak mungkin bikin Argentina kewalahan dengan segala macam keputusannya. Sebab, apa yang terjadi pada 2020 silam, sudah membuat Messi dan Argentina kesal. Memangnya, ada apa ya?

1. Messi dibuat kesal

Wasit Final Copa America Punya Sejarah Buruk dengan MessiLionel Messi (x.com/Argentina)

Semua bermula kala Argentina jumpa Paraguay di 2020 lalu dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Argentina ketika itu dibuat keki dengan performa Claus dalam memimpin laga.

Emosi para pemain Albiceleste semakin memuncak karena tertinggal lebih dulu dari Paraguay. Hingga akhirnya, Messi marah-marah ke Claus sampai mengumpat.

"Sudah dua kali kamu bikin kami kacau," kecam Messi kala itu, dilansir Daily Mirror.

Baca Juga: Bersinar di Euro 2024, Lamine Yamal Bakal Sejajar dengan Messi?

2. Claus bikin kesal Messi dan perdebatan fans

Wasit Final Copa America Punya Sejarah Buruk dengan MessiLionel Messi membela timnas Argentina di perempat final Copa America 2024(X.com/Argentina)

Keputusan yang dimaksud Messi adalah ketika Claus menganulir gol Argentina lewat peninjauan video assistant referee. Kemudian, ada beberapa insiden lagi yang diklaim sempat mengganggu permainan Argentina kala itu.

Beruntung, Argentina pada akhirnya bisa selamat dari kekalahan setelah Nicolas Gonzalez menyamakan skor di menit 41.

Pemilihan Claus disambut dengan debat antar fans di media sosial. Penggemar Argentina meradang dengan penunjukkan Claus, mengingat apa yang terjadi di 2020 dan asalnya dari Brasil.

Ada yang curiga Claus akan merusak mimpi Argentina mencetak sejarah, menjadi negara pertama yang juara Copa America back to back dengan status juara Piala Dunia. Kecurigaan ini langsung dibalas fans Brasil yang menyebut sudah dua kali negaranya dipimpin wasit Argentina.

Baca Juga: Head to Head Argentina vs Kolombia di Copa America, Sengit!

3. Claus belum pernah ciptakan kontroversi di Copa America 2024

Wasit Final Copa America Punya Sejarah Buruk dengan MessiPemain Timnas Argentina merayakan kelolosan mereka ke final Copa America 2024. (twitter.com/Argentina)

Claus pada dasarnya merupakan salah satu wasit yang dipandang di zona CONMEBOL. Pria 44 tahun tersebut sudah berkarier sejak 2015 sebagai wasit.

Sejumlah laga bergengsi seperti di Piala Dunia 2022 sempat dipimpin olehnya. Kemudian, di Copa America 2024, Claus belum pernah mencatatkan kontroversi atau insiden.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya