Turki Cetak Rekor Baru di Fase Gugur Euro 2024

Demiral menjadikan Turki sebagai spesialis gol cepat

Jakarta, IDN Times - Turki tampaknya menjadi spesialis pencetak gol cepat dalam sebuah turnamen. Setelah Hakan Sukur mencatatkan rekor gol tercepat di Piala Dunia, giliran Merih Demiral menorehkan catatan baru dalam Euro.

Demiral mencetak gol ke gawang Austria dalam babak 16 besar Euro, Rabu dini hari WIB (3/7/2024), saat laga belum genap semenit. Dia melepaskan tembakan tajam dari jarak dekat ke gawang Austria, memanfaatkan kemelut di depan gawang pada detik 57.

1. Gol tercepat di fase gugur

Dilansir Metro, gol tersebut ternyata menjadi yang tercepat dalam fase gugur Euro. Secara keseluruhan, ini merupakan gol tercepat kedua di turnamen antarnegara Eropa tersebut.

Rekor sebelumnya dicetak oleh pemain Albania, Nedim Bajrami. Saat menghadapi Italia di fase grup, 16 Juni 2024, Bajrami mencetak gol hanya dalam tempo 23 detik.

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Belanda dan Turki Melaju ke Perempat Final

2. Demiral heroik, tampil kokoh dan tajam

Turki Cetak Rekor Baru di Fase Gugur Euro 2024Timnas Turki melawan Georgia di Euro 2024. (instagram.com/millitakimlar)

Aksi Demiral yang begitu heroik. Bukan cuma satu, tapi Demiral menjebol gawang Austria dua kali. Gol kedua dicetaknya lewat skema sepak pojok pula. Menit 59, Demiral menanduk bola lewat umpan Arda Guler.

"Merih Demiral mencetak dua gol indah. Dia melakukannya dengan cantik untuk yang kedua. Saya sangat senang bisa mengirimkan umpan kepadanya dari sepak pojok, sekaligus jadi assist pertama. Tapi, yang paling penting tim menang. Saya sangat senang bisa berkontribusi," kata Guler dilansir situs resmi UEFA.

3. Siap adu kuat dengan Belanda

Turki Cetak Rekor Baru di Fase Gugur Euro 2024Turki lolos ke 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Performa Turki memang luar biasa sepanjang Euro 2024. Mereka main dengan skema bertenaga, tak kenal lelah, dan sudah dibuktikan sejak kemenangan di laga pembuka atas Georgia.

Fakta ini membuat kepercayaan diri Turki meninggi. Pelatih Turki, Vincenzo Montella, menyatakan keberhasilan lolos ke perempat final menjadi sangat penting dan merupakan awal dari pencapaian baru anak-anak asuhnya.

"Ini pencapaian penting. Lawan kami selanjutnya adalah Belanda, tim yang bertarung bak singa Kami harus menyiapkan mental dan kemampuan fisik, lalu mempertahankan gaya ini," ujar Montella.

Baca Juga: Daftar Duel Perempat Final Euro: 2 Big Match Tercipta

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya