Timnas Indonesia Sudah Kehilangan 4 Pemain di Latihan Perdana

Mereka gak bisa main lawan Turkmenistan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kehilangan empat pemain sekaligus jelang duel melawan Turkmenistan, 8 September 2023, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, mengaku kemungkinan besar gak bisa menurunkan Shayne Pattynama, Yakob, Yance Sayuri, serta Dimas Drajad, saat melawan Turkmenistan akibat cedera dalam sesi latihan perdana di Lapangan Thor, Surabaya, Senin (4/9/2023). .

"Kemungkinan keempatnya tak bisa main lawan Turkmenistan. Mereka cedera di kompetisi," ujar pelatih Timnas, Shin Tae Yong, dilansir situs resmi PSSI.

Baca Juga: Banyak Debutan di Timnas Indonesia Hadirkan Energi Baru

1. Tiga pemain dari Timnas U-23 dipanggil

Timnas Indonesia Sudah Kehilangan 4 Pemain di Latihan PerdanaPemain PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga membela timnas Indonesia (dok. PSSI)

Sebagai gantinya, Shin memanggil tiga pemain dari Timnas U-23. Mereka yang bakal mengisi kekosongan slot itu adalah, Alfeandra Dewangga, Doni Tri Pamungkas, serta Muhammad Dzaky Asraf. Mereka akan bertolak langsung dari Solo menuju Surabaya demi gabung tim senior.

"Tak panggil wajah baru, karena cuma satu pertandingan melawan Turkmenistan. Jadi, kami panggil dari Timnas U-23," kata Shin.

2. Cuma pemulihan di hari pertama

Timnas Indonesia Sudah Kehilangan 4 Pemain di Latihan PerdanaEgy Maulana Vikri saat berlatih bersama Timnas Indonesia jelang duel melawan Turkmenistan (Dokumentasi PSSI)

Latihan di hari pertama tak bisa digelar dengan intensitas tinggi. Shin hanya menggelar latihan selama sejam, mulai pukul 17.00 hingga 18.00 WIB.

Alasannya, dia belum tahu kondisi para pemainnya secara detail. Makanya, sesi latihan hanya difokuskan untuk mengembalikan kebugaran para pemain.

"Karena latihan hari ini kan hanya pemulihan, makanya gak bisa terlalu tahu kondisi para pemain. Tapi, kalau besok kan sudah mulai latihan normal. Jadi, mungkin besok sudah bisa tahu kondisi pemainnya," ujar Shin.

3. Cuma sekali uji coba, kenapa?

Timnas Indonesia Sudah Kehilangan 4 Pemain di Latihan PerdanaJordi Amat saat berlatih bersama Timnas Indonesia jelang lawan Turkmenistan (Dokumentasi PSSI)

Timnas memang hanya menggelar satu laga uji coba di sepanjang jeda internasional. Itu karena Shin juga bertugas bersama Timnas U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Demi menjaga fokus, Shin terlihat lebih mengutamakan Timnas U-23 yang memang mengincar slot di pentas Asia.

Baru pada Selasa (5/9/2023), Shin mengunjungi latihan Timnas U-23 di Solo. Pun, sampai sekarang, masih ada beberapa pemain yang belum datang seperti Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Mereka sedang menuju Indonesia dan itu terlihat dari akun media sosial masing-masing.

Baca Juga: Shin Tae Yong Fokus Timnas U-23, Tim Senior Ditangani Siapa?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya