Spanyol yang Gak Menakutkan Buat Prancis

Prancis siap redam keganasan Spanyol

Jakarta, IDN Times - Perang urat saraf jelang duel Spanyol versus Prancis di semifinal Euro 2024 sudah dimulai. Jelang laga yang digelar di Allianz Arena, Rabu dini hari WIB (10/7/2024), Prancis mengaku tak takut dengan ketajaman Spanyol sepanjang Euro edisi kali ini.

Hingga perempat final, Spanyol sudah memproduksi 11 gol. Tak cuma itu, La Furia Roja juga baru kebobolan dua kali.

Statistik ini begitu timpang jika dibandingkan Prancis. Sebab, mereka baru bisa cetak tiga gol hingga perempat final. Meski begitu, Prancis sama sekali belum kebobolan.

"Spanyol tim yang hebat. Tapi, tak ada satu pun tim yang menakutkan. Kami percaya akan diri sendiri dan mau memberikan segalanya untuk bisa tampil di final," ujar striker Prancis, Antoine Griezmann, dilansir Mundo Deportivo.

1. Prancis punya peluang

Spanyol yang Gak Menakutkan Buat PrancisTimnas Prancis saat mengikuti adu penalti versus Portugal di perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Griezmann masa bodoh dengan situasi yang menyelimuti Prancis. Bagi pemain Atletico tersebut, Prancis masih punya peluang buat lolos ke final.

"Luar biasa masuk sebagai empat besar. Kami harus menikmati tim ini, karena bisa menang. Tinggal satu laga menuju final," kata Griezmann.

Baca Juga: Menilik 4 Pertemuan Spanyol dan Prancis di Euro, Siapa Dominan?

2. Awalnya underdog, Spanyol malah menggila

Spanyol yang Gak Menakutkan Buat PrancisDani Olmo dan Lamine Yamal melakukan selebrasi untuk Timnas Spanyol di Euro 2024. (uefa.com)

Sebenarnya, ketika datang ke Euro 2024, Spanyol tak diperhitungkan sebagai salah satu calon juara alias berstatus underdog. Terlebih, mereka sempat menelan kekecewaan di Piala Dunia 2022, usai disingkirkan oleh Maroko pada babak 16 besar.

Di luar dugaan, Spanyol bisa main dengan sempurna. Bahkan, mereka menjadi tim paling produktif dengan 11 gol dan pertahanannya cukup kokoh, baru dua kali kebobolan.

"Rasa hormat kepada Spanyol atas gayanya begitu besar. Tapi, saat masuk ke Euro 2024, kami statusnya tak diperhitungkan. Itulah yang membantu kami," ujar bek Spanyol, Marc Cucurella.

3. Justru, underdog jadi keuntungan Spanyol

Spanyol yang Gak Menakutkan Buat PrancisLamine Yamal (uefa.com)

Bagi Cucurella, dengan status tak diperhitungkan, Spanyol jadi lebih termotivasi. Mereka bermain lepas dan tak memikirkan hasil hingga akhirnya bisa lolos ke semifinal.

"Kami percaya diri dengan pemikiran lepas. Sekarang, kepercayaan diri terus meningkat dan kami sudah ada di momen kunci turnamen," kata Cucurella.

Baca Juga: Jude Bellingham Pengin Inggris Bersua Spanyol di Final Euro 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya