Rencana B Jerman Ada dalam Diri Niclas Fullkrug

Fullkrug menjadi penyelamat Der Panzer

Intinya Sih...

  • Jerman selamat dari kekalahan berkat gol penyeimbang Niclas Fullkrug di injury time babak kedua melawan Swiss.
  • Publik menganggap munculnya Fullkrug sebagai bukti rencana B pelatih Julian Nagelsmann untuk membuat permainan Jerman lebih variatif selama Euro.
  • Pelatih Nagelsmann mengakui kehadiran Fullkrug sangat menentukan, serta strategi berisiko yang diperlukan untuk mengubah situasi di lapangan.

Jakarta, IDN Times - Jerman berhasil keluar dari kesulitan saat menghadapi Swiss di Commerz Bank Arena, Senin dini hari WIB (24/6/2024). Mereka terhindar dari kekalahan setelah Niclas Fullkrug mencetak gol penyeimbang di masa injury time babak kedua.

Dalam duel yang dihadiri 46.685 penonton itu, Der Panzer memang sempat tertinggal lebih dulu lewat aksi Dan Ndoye yang memanfaatkan umpan Remo Freuler di menit 28. Sempat kesulitan, Jerman akhirnya selamat dari kekalahan setelah Fullkrug menjebol gawang Swiss usai meneruskan umpan David Raum lewat tandukannya.

Munculnya Fullkrug sebagai penyelamat Jerman, dianggap publik sebagai bukti adanya rencana B yang sudah disiapkan pelatih Julian Nagelsmann selama Euro. Sebab, di awal turnamen, Nagelsmann sempat menyatakan punya senjata rahasia dan rencana B untuk bisa membuat permainan Jerman lebih variatif.

"Saya tak menggunakan rencana darurat. Pergantian kami efektif dan mencetak penyeimbang. Kami memang berniat memainkan pola umpan silang macam itu," ujar Nagelsmann dilansir ESPN FC.

1. Fullkrug pemecah kebuntuan Jerman

Rencana B Jerman Ada dalam Diri Niclas FullkrugNiclas Füllkrug (uefa.com)

Nagelsmann mengakui kehadiran Fullkrug di dalam tim saat melawan Swiss begitu menentukan. Sebab, Fullkrug bisa memecah konsentrasi para pemain bertahan Swiss dengan pergerakan tanpa bolanya.

"Dalam momen ini, kami memerlukannya dan dia bisa membuktikan diri. Dia bisa menampilkan performa terbaik ketika tampil sebagai starter dan cadangan. Jadi nasib bagus dan buruk buatnya, benar begitu," kata Nagelsmann.

Baca Juga: Spanyol Lempar Perang Urat Saraf ke Jerman di Bagan Neraka

2. Strategi berisiko namun berhasil

Rencana B Jerman Ada dalam Diri Niclas FullkrugSelebrasi Niclas Fullkrug setelah jebol gawang Swiss di pertandingan terakhir Grup A Euro 2024. (uefa.com)

Eks pelatih Bayern Munich itu mengakui strateginya di laga melawan Swiss benar-benar berisiko. Namun, semua itu diperlukan demi bisa mengubah situasi di lapangan.

"Kami ambil risiko. Jika tak mengambilnya, hasilnya pasti berbeda. Kami bisa saja tak dapat apa-apa. Dengan mengambil risiko, kami dapat poin," ujar Nagelsmann.

Baca Juga: Supersub Jerman di Euro 2024 Itu Bernama Niclas Fullkrug

3. Jerman layak raih poin

Rencana B Jerman Ada dalam Diri Niclas FullkrugJulian Nagelsmann, pelatih Timnas Jerman di Euro 2024 (dfb.de)

Secara keseluruhan, Nagelsmann mengakui Swiss sudah merepotkan Jerman sepanjang 90 menit. Laga menjadi menarik karena jual-beli serangan tersaji dan intensitas terjaga.

"Laga yang menarik, kami punya sembilan tembakan dengan dua mengarah ke gawang. Kami memang layak bisa bangkit," kata Nagelsmann.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya