Lini Tengah Spanyol yang Bikin Deschamps Terkesima

Deschamps sudah melihat siapa yang jadi poros Spanyol

Jakarta, IDN Times - Kekuatan Spanyol sudah dianalisis oleh pelatih Prancis, Didier Deschamps. Hasilnya, Deschamps merasa ada satu sektor yang membuat Spanyol begitu kuat dan sulit untuk ditaklukkan.

Deschamps merasa lini tengah Spanyol begitu solid. Kreativitas dari tengah, menurut Deschamps, menjadi kunci dari kekuatan La Furia Roja.

"Semua tim Spanyol punya gelandang bagus yang bisa mengontrol permainan," ujar Deschamps dikutip situs resmi UEFA.

1. Rodri jadi poros Spanyol

Lini Tengah Spanyol yang Bikin Deschamps TerkesimaSelebrasi pemain Spanyol, Dani Olmo, usai mencetak gol ke gawang Jerman pada perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Bagi Deschamps, pusat kreativitas Spanyol ada di Rodri. Darinya, bola bisa bergerak ke mana saja dengan kecepatan yang tinggi.

"Rodri pemain yang penting di Spanyol. Tapi, saya menilai semua pemain di sana itu penting," kata Deschamps.

Baca Juga: Head to Head Spanyol vs Prancis: Siapa Lebih Unggul?

2. Memang, Spanyol favorit juara

Lini Tengah Spanyol yang Bikin Deschamps TerkesimaMikel Merino (melompat) menjebol gawang Jerman pada perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Spanyol, diakui Deschamps, menjadi salah satu favorit juara. Kiprah anak-anak asuh Luis de la Fuente memang terbilang impresif di Euro 2024.

Datang dengan status underdog, Spanyol malah mampu melejit dan mencatatkan 100 persen kemenangan hingga perempat final. Tak cuma itu, Spanyol juga mampu mencetak 11 gol serta baru kebobolan dua kali.

"Mereka menjalani Euro terbaiknya. Selain itu, impresi terhadap permainan mereka selalu bagus," ujar Deschamps.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Euro 2024: Spanyol vs Prancis

3. Rekor Prancis kurang menguntungkan

Lini Tengah Spanyol yang Bikin Deschamps TerkesimaTimnas Prancis saat mengikuti adu penalti versus Portugal di perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Spanyol memang menjadi favorit, mengingat rekor pertemuan yang tak berpihak ke Prancis. Dari 10 bentrok terakhir keduanya di segala ajang, Prancis menang tiga kali atas Spanyol. Sementara, Spanyol membekuk Prancis enam kali dan hanya satu laga berakhir imbang. Dari 10 pertemuan itu, pertemuan Spanyol versus Prancis selalu menghasilkan gol.

Sementara, bicara tentang catatan di semifinal Euro, Spanyol lebih baik ketimbang Prancis. Dalam lima laga semifinal Euro yang pernah dilalui, Spanyol menang empat kali. Hanya sekali mereka kalah, yaitu pada 2020 silam saat lawan Italia.

Sementara, Prancis agak keteteran saat semifinal Euro. Dari lima semifinal terakhir, mereka hanya menang tiga kali. Dua laga lain berakhir kekalahan, saat mereka bersua Yugoslavia pada 1960, serta Republik Ceko pada 1996 silam.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya