Kontroversi Gestur Bellingham Usai Jebol Gawang Slovakia

Bellingham sedang diinvestigasi

Jakarta, IDN Times - Aksi gelandang Inggris, Jude Bellingham saat duel melawan Slovakia di babak 16 besar Euro, 30 Juni 2024 lalu, menjadi sorotan. Bellingham disinyalir melakukan pelanggaran dan telah menyinggung para pemain Slovakia.

Semua bermula kala Bellingham mencetak gol lewat sepakan akrobatiknya di masa injury time babak kedua. Kemudian, dia melakukan selebrasi di dekat bench Slovakia.

1. Gerakan Bellingham diduga tak pantas

Kontroversi Gestur Bellingham Usai Jebol Gawang SlovakiaJude Bellingham, pemain Inggris, dikepung para pemain Slovakia di Euro 2024. (uefa.com)

Bellingham mengawali selebrasinya dengan mencium tangan kanan. Setelahnya, dia melakukan gerakan yang dianggap kurang pantas.

Gerak Bellingham ternyata menjadi sorotan UEFA. Mereka menduga, gelandang Real Madrid itu melakukan aksi yang tak pantas dan hal ini pun diinvestigasi oleh Komite Etik dan Disiplin.

"Inspektur Etik dan Disiplin akan melakukan investigasi adanya potensi pelanggaran atas aturan dasar buat pemain Inggris, Jude Bellingham," begitu pernyataan UEFA dilansir The Guardian.

Baca Juga: Inggris Rupanya Masih Perlu Tuah Jude Bellingham

2. UEFA panggil Bellingham

Kontroversi Gestur Bellingham Usai Jebol Gawang SlovakiaJude Bellingham (instagram.com/judellingham)

UEFA sudah memanggil Bellingham dan meminta klarifikasinya. Dia diberi waktu 72 jam demi memberikan jawaban.

Selain itu, pihak Slovakia juga akan dimintai keterangan. UEFA mau tahu apa pendapat para pemain dan anggota tim Slovakia lainnya atas sikap Bellingham.

3. Kemungkinan aman posisinya di Euro 2024

Kontroversi Gestur Bellingham Usai Jebol Gawang SlovakiaJude Bellingham (uefa.com)

Hukuman sanksi berupa skorsing dan denda menghantui Bellingham. Namun, dilansir Daily Star, sumber dalam UEFA menduga Bellingham lolos dari sanksi.

Andai dapat sanksi, menurut sumber tersebut, baru akan muncul setelah Euro 2024 dan berlaku pada pertandingan resmi lainnya.

Baca Juga: Timnas Inggris dan Arogansi Jargon "It's Coming Home"

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya