Imbang Kontra Slovakia, Rumania Jadi Juara Grup E

Rumania terselamatkan penalti Razvan Marin

Intinya Sih...

  • Rumania lolos ke fase gugur Euro 2024 setelah imbang kontra Slovakia dengan skor 1-1.
  • Slovakia unggul terlebih dahulu lewat gol Ondrej Duda, namun Rumania menyelamatkan penalti yang membuat mereka berhasil menyamakan skor.
  • Dengan hasil tersebut, Rumania keluar sebagai juara Grup E dan berhak atas pucuk klasemen karena unggul dalam urusan selisih gol.

Jakarta, IDN Times - Rumania berhasil lolos ke fase gugur Euro 2024 setelah bermain imbang kontra Slovakia dalam matchday pamungkas penyisihan Grup E Euro, Rabu (26/6/2024). Berlaga di Deutsche Bank Park, kedua tim harus puas mengakhiri laga dengan skor, 1-1.

Sejak awal, Slovakia berinisiatif untuk mendominasi penguasaan bola. Mereka begitu gencar melakukan tekanan ke pertahanan Rumania demi bisa mencetak gol.

Namun, Slovakia selalu buntu untuk bisa membongkar pertahanan Rumania di 15 menit pertama. Hingga akhirnya, momen yang ditunggu muncul pada menit 24.

Umpan panjang Juraj Kucka mampu memperdaya barisan pertahanan Rumania. Ondrej Duda membaca arah bola dengan cermat dan menanduknya ke tiang jauh. Slovakia unggul, 1-0.

Ketika unggul dan terus menyerang, Slovakia malah melakukan kesalahan di lini belakang. David Hancko dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Rumania di kotak terlarang.

Setelah ditinjau lewat video assistant referee, Hancko terbukti melanggar dan penalti diberikan. Razvan Marin berhasil menunaikan tugasnya di menit 37 dengan memperdaya kiper Slovakia, Martin Dubravka, lewat sepakan kerasnya ke pojok gawang. Di sisa waktu yang ada, tak tercipta gol tambahan.

Pada paruh kedua, Rumania mulai bisa mengimbangi Slovakia. Mereka kian nyaman bermain dan mulai memberikan sederet ancaman karena kinerja lini depannya semakin cair.

Meski begitu, sulit bagi Rumania dan Slovakia untuk mencetak gol. Bahkan, di menit-menit akhir, tempo laga menjadi menurun dan membuat keduanya tak mencetak gol tambahan. Skor 1-1 pun menjadi akhir dari laga ini.

Dengan hasil tersebut, Rumania keluar sebagai juara Grup E. Mereka berhak atas pucuk klasemen Grup E karena unggul dalam urusan selisih gol. Terlebih, di laga lain, Belgia main imbang tanpa gol dengan Ukraina.

Baca Juga: Seru, Slovakia vs Rumania Berbalas Gol di Babak I

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya