Head to Head Spanyol vs Prancis: Siapa Lebih Unggul?

Spanyol lebih diunggulkan, kenapa?

Jakarta, IDN Times - Duel Spanyol versus Prancis di Allianz Arena dalam semifinal Euro, Rabu dini hari WIB (9/7/2024), diprediksi akan menyajikan hiburan menarik. Adu taktik dan strategi bakal tersaji di atas lapangan.

Selain itu, kualitas dari para pemain Spanyol juga akan menentukan. Ketika La Furia Roja diperkuat pemain muda potensial, Prancis memiliki tim berkualitas yang matang.

Jadi, siapa yang akan menang? Ada baiknya kita menganalisis lewat rekor pertemuan hingga perjalanan kedua tim di Euro 2024.

1. Spanyol, dari underdog kini favorit juara

Head to Head Spanyol vs Prancis: Siapa Lebih Unggul?Mikel Merino (melompat) menjebol gawang Jerman pada perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Spanyol datang ke Euro 2024 dengan status underdog. Setelah apa yang dialami di Piala Dunia 2022, Spanyol sama sekali tak diperhitungkan bisa melaju jauh. Apalagi, mereka terjebak di grup neraka.

Di luar dugaan, Spanyol malah tampil luar biasa. Mereka mampu melibas 100 persen kemenangan dalam persaingan Grup B, mengalahkan Kroasia, Italia, dan Albania.

Kemudian, pada babak 16 besar, mereka menghentikan sensasi Georgia. Tuan rumah, Jerman, dilibas pula oleh Spanyol di perempat final. Sejauh ini, Spanyol juga jadi tim paling produktif dengan koleksi 11 gol serta salah satu yang kuat pertahanannya karena baru kebobolan dua kali.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Euro 2024: Spanyol vs Prancis

2. Prancis paling aneh perjalanannya

Head to Head Spanyol vs Prancis: Siapa Lebih Unggul?Timnas Prancis saat mengikuti adu penalti versus Portugal di perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Bergeser ke Les Bleus, yang perjalanannya di Euro 2024 sangat aneh. Mereka baru mencetak tiga gol di Euro 2024. Uniknya, Prancis malah bisa ke semifinal.

Prancis diantar ke semifinal lewat dua gol bunuh diri, dan kemenangan adu penalti atas Portugal, 5-3 (0-0). Tapi, Prancis menjadi tim dengan pertahanan terkuat karena baru sekali kebobolan.

3. Ternyata, Spanyol lebih unggul ketimbang Prancis

Head to Head Spanyol vs Prancis: Siapa Lebih Unggul?Eduardo Camavinga berduel dengan Pepe saat Prancis bertemu Portugal pada perempat final Euro 2024. (uefa.com)

Dengan rekor di atas, bisa dibilang duel nanti akan menjadi antitesis antara tim paling ganas dengan pertahanan terkuat. Ada potensi duel berlangsung seru.

Namun, Spanyol masih menjadi favorit, mengingat rekor pertemuan yang tak berpihak ke Prancis. Dari 10 bentrok terakhir keduanya di segala ajang, Prancis menang tiga kali atas Spanyol. Sementara, Spanyol membekuk Prancis enam kali dan hanya satu laga berakhir imbang. Dari 10 pertemuan itu, pertemuan Spanyol versus Prancis selalu menghasilkan gol.

Sementara, bicara tentang catatan di semifinal Euro, Spanyol lebih baik ketimbang Prancis. Dalam lima laga semifinal Euro yang pernah dilalui, Spanyol menang empat kali. Hanya sekali mereka kalah, yaitu pada 2020 silam saat lawan Italia.

Sementara, Prancis agak keteteran saat semifinal Euro. Dari lima semifinal terakhir, mereka hanya menang tiga kali. Dua laga lain berakhir kekalahan, saat mereka bersua Yugoslavia pada 1960, serta Republik Ceko pada 1996 silam.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya