Gol Telat Turki Paksa Ceko Angkat Koper dari Euro 2024

Turki gak mau menyerah

Intinya Sih...

  • Turki menang 2-1 atas Ceko dalam laga pamungkas penyisihan Grup F Euro 2024
  • Ceko kehilangan pemain dan mencetak gol penyeimbang yang kontroversial
  • Tosun menjadi pahlawan Turki dengan gol telatnya

Jakarta, IDN Times - Turki harus bersusah payah meraih kemenangan dalam laga pamungkas penyisihan Grup F Euro 2024. Berhadapan dengan Ceko di Volksparkstadion, Kamis dini hari WIB (27/6/2024), Turki menang dengan skor 2-1, lewat gol telat dari Cenk Tosun.

Duel di babak pertama begitu keras. Permainan bertenaga Ceko diladeni Turki dengan skema counterpress yang cepat.

Sial bagi Ceko, karena pada menit 20 harus kehilangan satu pemainnya, Antonin Barak. Dia menerima kartu kuning kedua hanya berselang sembilan menit dari yang pertama.

Kondisi ini membuat Turki menjadi makin leluasa mendominasi bola. Mereka terus menerapkan permainan cepatnya dan membuat Ceko harus bekerja lebih keras. Sial buat Turki, karena hingga jeda tak bisa mencetak gol.

Kebuntuan baru pecah di menit 51. Bermula dari kemelut di depan gawang Ceko, Hakan Calhanoglu melepaskan tembakan keras dari sisi kanan kotak penalti Ceko hingga membuat bola menggetarkan jala gawang Jindrich Stanek.

Gol ini membuat Ceko tersengat. Meski kalah jumlah pemain, mereka mencoba untuk bisa mencetak gol penyeimbang.

Upaya Ceko berbuah hasil di menit 66. Sepakan Tomas Soucek dari jarak dekat berhasil menjebol gawang Mert Gunok dan membuat skor menjadi 1-1. Gol ini sempat diprotes Turki karena prosesnya yang kontroversial.

Gunok yang berhasil menangkap bola, mendapatkan gangguan dari pemain Ceko. Alhasil, bola terlepas dan jatuh ke kaki Soucek untuk dikonversi menjadi gol.

Di sisa waktu yang ada, Turki terus menekan pertahanan Ceko. Namun, sama seperti babak pertama, mereka selalu mentok saat mencoba menyelesaikan peluang. Hingga akhirnya, Tosun menjadi pahlawan Turki.

Tembakan kerasnya gagal diantisipasi Stanek dan membuat bola masuk ke pojok kiri gawangnya. Turki menang dengan skor 2-1 dan menjadi runner up Grup F Euro 2024. Sementara, Ceko dipastikan angkat koper karena jadi juru kunci.

Baca Juga: Turki Ditahan 10 Pemain Ceko di Babak I

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya