Bima Sakti Singgung Ronaldo dan Messi soal Ketegangan Timnas U-17

Ronaldo dan Messi juga bisa tegang

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Tukiman, mengakui ada rasa grogi hingga tegang yang menaungi anak-anak asuhnya jelang duel melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023). Bima merasa hal itu wajar, lantaran para pemainnya baru bermain di Piala Dunia U-17.

Tak cuma baru merasakan atmosfer Piala Dunia, para pemain juga untuk pertama kalinya harus merasakan video assistant referee (VAR) dan berhadapan dengan tim-tim kelas wahid lainnya.

"Sudah pasti sih, grogi. Tapi, kami atasi dengan komunikasi, saling mendukung. Kekuatan kami adalah kebersamaan," terang Bima saat ditemui di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, kemarin (9/11/2023).

1. Ronaldo dan Messi kayak manusia biasa

Bima Sakti Singgung Ronaldo dan Messi soal Ketegangan Timnas U-17Timnas U-17 berlatih di Surabaya. (dok. PSSI)

Terkait masalah ketegangan, Bima bahkan sampai menyinggung Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang juga merasakan ketegangan ketika melakoni laga krusial. Maka dari itu, Bima berharap anak-anak asuhnya bisa bermain lebih lepas.

"Sekelas Messi, Ronaldo, juga grogi ketika menghadapi sebuah pertandingan. Pasti mereka juga tegang," kata Bima.

Baca Juga: Larangan Buat Timnas U-17 Selama Piala Dunia, dari Medsos Hingga Game

2. Kualitas individu dan set piece Ekuador diwaspadai

Bima Sakti Singgung Ronaldo dan Messi soal Ketegangan Timnas U-17Timnas U-17 berlatih di Surabaya. (dok. PSSI)

Bima mengaku sudah menganalisis permainan Ekuador. Setidaknya, ada dua hal teknis yang harus diwaspadai oleh Timnas U-17 saat berduel melawan Ekuador.

Kualitas individu Ekuador, dinilai Bima, begitu merata. Secara teknis, Bima merasa mereka tim yang berbahaya.

"Set piece juga bagus, itu sudah menjadi catatan kami dan harus diantisipasi. Terpenting, kami menyiapkan diri dengan baik," ujar Bima.

Baca Juga: VAR dan Ketegangan Timnas U-17 Jelang Piala Dunia U-17

3. Optimis bisa bersaing

Bima Sakti Singgung Ronaldo dan Messi soal Ketegangan Timnas U-17Pemain Timnas U-17, Arkhan Kaka. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Gelandang Timnas U-17, Arkhan Kaka, merasa memang Ekuador tim yang menyulitkan. Hanya saja, Kaka tak gentar menghadapi laga nanti, karena menilai semua kontestan di Grup A punya peluang yang sama buat lolos.

"Semua tim sama kuat, termasuk kami. Setiap tim punya peluang yang sama buat lolos," ujar Kaka.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya