Aklimatisasi Jadi Fokus Tim Indonesia di Olimpiade 2024

Penyesuaian harus dilakukan karena cuaca di Paris berbeda

Jakarta, IDN Times - Aklimatisasi iklim dan cuaca menjadi fokus dari Tim Indonesia demi menghadapi Olimpiade 2024 di Paris. Dengan puncak musim panas yang menghampiri, para atlet harus menyesuaikan diri atas kondisi yang berkembang sepanjang game time.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, menyatakan empat atletnya yang bertanding, Veddriq Leonardo, Rahmad Adi Mulyono, Raji'ah Salsabilah, dan Desak Made Rita Kusuma Dewi, akan berangkat lebih awal. Tujuannya, tentu demi menyesuaikan diri.

"Perlu aklimatisasi ya. Memang, musim panas di Eropa gak sama lah dengan di sini. Apalagi, mereka punya musim dingin, tentunya atlet kita sudah biasa dengan cuaca panas. Tapi, tetap perlu aklimatisasi," ujar Yenny saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan kemarin (4/7/2024).

Baca Juga: Desain Keren, Fans Bisa Gak Beli Jersey Tim Indonesia di Olimpiade?

1. Aklimatisasi krusial bagi panjat tebing

Aklimatisasi Jadi Fokus Tim Indonesia di Olimpiade 2024Atlet panjat tebing Indonesia, Rahmad Adi Mulyono (instagram.com/rahmadadimulyono_)

Aklimatisasi memang krusial buat tim panjat tebing. Sebab, kondisi fisik secara keseluruhan harus dicek agar fit ketika bertanding.

Yenny yakin empat pemanjat Indonesia sudah paham bagaimana caranya beradaptasi di Paris. Sebab, mereka sudah sering melakoni sejumlah turnamen di berbagai negara dan cuaca.

"Anak-anak kan sudah sering bertanding nih. Jadi, saya yakin mereka bisa beradaptasi dengan lancar. Kami cuma ingatkan, agar cukup buat minum dan lainnya," kata Yenny.

2. Sejumlah atlet datang duluan

Aklimatisasi Jadi Fokus Tim Indonesia di Olimpiade 2024Potret perenang Indonesia, Azzahra Permatahani. (Instagram/@zahrapermatahani).

Setali tiga uang, perenang Indonesia, Azzahra Permatahani, juga menyatakan adaptasi dan penyesuaian menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Maka dari itu, dia bersama tim renang Indonesia akan ke Paris sejak 22 Juli 2024 mendatang.

"Olimpiade kali ini beda banget sama yang sebelumnya, 2020. Apalagi itu kan di masa COVID-19 ya, jadi aku dan teman-teman atlet lainnya cuma bisa di athlete village," ujar Azzahra.

3. Berharap Indonesia teruskan tradisi emas

Aklimatisasi Jadi Fokus Tim Indonesia di Olimpiade 2024Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/fpti_official)

Olimpiade 2024 akan dimulai sejak 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. Indonesia mengirimkan 29 atletnya untuk berlaga.

Jumlah tersebut ternyata menjadi yang terbanyak buat Indonesia selama 20 tahun terakhir. Diharapkan, Indonesia bisa meneruskan tradisi emas dalam Olimpiade kali ini, mengingat ada sejumlah cabang olahraga unggulan yang bisa jadi lumbung.

Baca Juga: Daftar Lengkap Wakil Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya