Timnas U-16 TC di Luar Negeri Jelang Kualifikasi Piala Asia

Ada rencana Timnas U-16 latihan di luar negeri

Jakarta, IDN Times - Perjalanan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 rampung pada Rabu (3/7/2024). Mereka mengakhirinya dengan mengunci peringkat tiga turnamen tersebut.

Hanya saja, Timnas U-16 tak bisa bersantai, karena ada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang sudah menanti. Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto, menyatakan demi menyambut ajang tersebut, timnya akan segera kembali berkumpul untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Rencananya, TC akan dihelat di luar negeri.

"Kami juga merencanakan akan ada TC di luar negeri, termasuk juga dengan beberapa laga uji coba internasional agar para pemain makin terasah kemampuannya dan terbiasa ada di level atas," ujar Nova dalam sesi jumpa pers selepas lawan Vietnam.

1. Pantau pemain dari Liga TopSkor

Timnas U-16 TC di Luar Negeri Jelang Kualifikasi Piala AsiaPotret pemain Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Nova menyatakan jelang kualifikasi nanti ada potensi Timnas U-16 melakukan bongkar-pasang skuad. Dalam waktu dekat, dia akan memantau Liga TopSkor Nasional untuk mencari bibit-bibit potensial yang bisa membela Timnas U-16.

"Dalam waktu dekat ini, kami masih akan memantau beberapa pemain lagi yg ada di (Liga) TopSkor. Saat ini, Liga Topskor Nasional akan bekerja lagi dan itu yang akan kami pantau. Kami akan lihat apa ada pemain-pemain yang lepas dari pantauan," kata Nova.

Baca Juga: Pesan Erick Thohir ke Timnas U-16 Usai Raih Tempat Ketiga

2. Banyak pelajaran dari Piala AFF U-16

Timnas U-16 TC di Luar Negeri Jelang Kualifikasi Piala AsiaTimnas U-16 di Piala AFF U-16 2024. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Nova mengakui banyak pelajaran yang bisa dipetik para pemain Timnas U-16 dari Piala AFF 2024. Mereka jadi lebih paham tentang mengatur kontrol dan ritme pertandingan, serta bagaimana meminimalisir kesalahan-kesalahan individu.

"Banyak pelajaran yang didapat para pemain. Mereka jadi bisa mengatur ritme pertandingan, serta mengurangi kesalahan-kesalahan individu. Karena Timnas U-16 pemain-pemainnya baru, mereka belum pernah main di laga internasional," kata Nova.

3. Timnas U-16 mentas di Kualifikasi Piala Asia U-17 pada Oktober

Timnas U-16 TC di Luar Negeri Jelang Kualifikasi Piala AsiaPotret Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Pada Oktober 2024 nanti, Timnas U-16 akan mentas di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Mereka berada di Grup G bersama dengan Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Berikut jadwal Timnas U-16 di Kualifikasi Piala Asia U-017 2025:

Indonesia vs Kuwait (23 Oktober 2024)

Indonesia vs Kepulauan Mariana Utara (25 Oktober 2024)

Australia vs Indonesia (27 Oktober 2024)

Baca Juga: Timnas U-16 Kunci Peringkat 3 Piala AFF Usai Bekuk Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya