Timnas Indonesia vs Irak: Skuad Garuda Siap Tampil Berbeda

Indonesia sudah lupakan kekalahan lawan Irak di kualifikasi

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, berjanji bahwa timnya akan tampil berbeda lawan Irak pada laga pembuka Piala Asia 2023. Keduanya memang sempat bertemu pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 lalu, dan skuad Garuda kalah 1-5.

"Kali ini, kami akan menunjukkan penampilan yang berbeda. Saya jamin, kami akan tampil lebih baik jika dibandingkan dengan pertemuan terakhir lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 lalu," ujar Shin dalam sesi jumpa pers jelang laga.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Akui Sudah Perbaiki Masalah

1. Persiapan Timnas Indonesia lebih matang

Timnas Indonesia vs Irak: Skuad Garuda Siap Tampil BerbedaPotret latihan Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium. (Dok. PSSI).

Dibandingkan pertemuan di kualifikasi lalu, Shin menyebut persiapan Timnas Indonesia kali ini lebih matang. Plus, ketika itu mereka harus menempuh perjalanan panjang ke Basra International Stadium, sehingga persiapan minim.

"Ketika itu, jadwal tidak berpihak pada kami. Kami harus melalui perjalanan panjang dan kami tidak punya cukup waktu untuk bersiap melawan Irak. Namun, meski sekarang persiapan kami masih sedikit kurang, kami lebih siap," ujar Shin.

2. Tetap mengakui superioritas Irak

Timnas Indonesia vs Irak: Skuad Garuda Siap Tampil BerbedaTimnas Indonesia menghadapi Irak. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Shin tetap mengakui superioritas Irak atas Indonesia. Secara fisik, teknik, dan taktik, level mereka berada di atas Indonesia. Tetapi, itu tidak menjadikan nyali para pemain skuad Garuda ciut.

"Jujur, level kami memang berada di bawah Irak. kan tetapi, kami tidak terlalu takut pada lawan kami (Irak). Kami akan menampilkan permainan yang kami bisa dan kami akan menunjukkan kekuatan kami di laga nanti," ujar Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Jagokan Korea Selatan Jadi Juara Piala Asia 2023

3. Peringatan dari Shin Tae Yong

Timnas Indonesia vs Irak: Skuad Garuda Siap Tampil BerbedaTimnas Indonesia lawan Libya di Turki. (Dok. PSSI)

Shin juga memperingatkan, terutama kepada mereka yang masih mempertanyakan performa Indonesia, untuk memikirkan ulang pemikiran tersebut. Dia menjamin, Indonesia yang sekarang sudah jauh lebih baik.

"Jika Anda berpikir bahwa level performa kami besok akan sama dengan yang sebelumnya, saya merekomendasikan Anda untuk mempertimbangkan ulang penampilan kami. Itu bukan peringatan, saya cuma ingin bilang begitu," kata Shin.

Timnas Indonesia akan bersua Irak di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024) malam WIB. Ini akan jadi laga perdana bagi kedua tim di Piala Asia 2023.

Baca Juga: Daftar Nomor Punggung Pemain Timnas di Piala Asia 2023

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya