Timnas Indonesia Ditahan 10 Pemain Thailand 1-1!

Skuad Garuda banyak membuang peluang emas

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia gagal meraih kemenangan dalam laga ketiganya di Grup A Piala AFF 2022. Bersua Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022), kedua tim bermain sama kuat 1-1.

Gol-gol di laga ini dicetak Marc Klok (50') untuk Timnas Indonesia, serta Sarach Yooyen (79') untuk Thailand. Penantian selama enam tahun, Timnas Indonesia kembali gagal mengalahkan Thailand di Piala AFF 2022 ini.

Memasuki babak pertama, Timnas Indonesia langsung tampil agresif. Mereka menekan lini pertahanan Thailand secara intens, dan tidak membiarkan Thailand mengembangkan permainan. Mereka juga rajin menekan lewat sayap.

Akan tetapi, seiring berjalannya laga, Thailand mulai bisa mengontrol permainan. Mereka tenang dalam menghadapi tekanan dari para pemain Timnas Indonesia. Bahkan, para pemain Thailand berani mengalirkan bola di pertahanan sendiri.

Alhasil, Timnas Indonesia sempat dipaksa bertahan. Beberapa kali, mereka sulit menguasai bola lantaran kuasa bola selalu dipegang oleh Thailand. Alhasil, tim besutan Shin Tae Yong sempat kesulitan menyerang.

Akan tetapi, Timnas Indonesia akhirnya menemukan cara untuk menyerang balik. Mengandalkan kecepatan dari para winger dan bek sayap, mereka berusaha memberikan ancaman ke lini pertahanan Thailand.

Namun, hingga menit 30 laga, upaya mereka ini urung membuahkan hasil. Penyakit di laga perdana muncul lagi di laga ini, yakni kombinasi lini serang yang kurang apik. Alhasil, peluang urung tercipta.

Pada menit 39, Timnas Indonesia sejatinya mendapatkan peluang emas. Kiper Thailand, Kittipong, melakukan blunder. Witan Sulaeman yang menerima bola tinggal berhadapan dengan gawang kosong. Namun, anehnya, dia malah gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Di sisa waktu babak kedua, baik Thailand maupun Indonesia masih berusaha memecah kebuntuan. Namun, beberapa peluang yang didapat oleh kedua tim masih gagal berbuah gol. Mereka masih buntu.

Alhasil, babak pertama berakhir 0-0 bagi Indonesia dan Thailand. Belum ada yang unggul di babak pertama ini.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia kembali menekan lini pertahanan Thailand dengan agresif. Upaya skuad Garuda ini membuahkan hasil pada menit 50. Semua berawal dari handball pemain Thailand di kotak penalti.

Marc Klok yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah 1-0 untuk Timnas Indonesia. Unggul satu angka menjadikan skuad Garuda lebih nyaman dalam bermain.

Keuntungan pun didapatkan Timnas Indonesia pada menit 63. Salah satu pemain Thailand, Sanrawat Dechmitr, mendapatkan kartu merah usai melanggar keras salah satu pemain Indonesia. Keunggulan pemain pun didapatkan oleh tuan rumah.

Memasuki pertengahan babak kedua, beberapa perubahan dilakukan Timnas Indonesia dan Thailand. Indonesia memasukkan Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, dan Muhammad Rafli, sedangkan Thailand memasukkan Adisak Kraisorn.

Kendati main dengan 10 orang, Thailand nyatanya mampu menunjukkan kekuatan mental yang apik. Mereka tidak panik, dan tetap menjaga aliran bola. Malah, mereka beberapa kali melakukan tekanan apik ke lini pertahanan Timnas Indonesia.

Pada menit 79, Thailand sukses menyamakan angka. Bermula dari tekanan di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia, Sarach Yooyen yang menerima bola di tengah sukses melesakkan bola ke gawang Indonesia usai sempat mengenai Ricky Kambuaya. Skor berubah 1-1.

Di sisa waktu babak kedua, kembali Indobesia dan Thailand mencari gol penambah keunggulan. Akan tetapi, hingga babak kedua tuntas, gol tak kunjung tercipta. Alhasil, skor 1-1 tetap bertahan. Garuda masih sulit menang atas Gajah Perang.

Baca Juga: Babak I: Buang Peluang Emas, Indonesia Diimbangi Thailand Tanpa Gol

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya