Tentang Sujud Syukur dan Keberagaman di Timnas U-19

Sujud syukur jadi ciri khas Indra Sjafri

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengunggah sesuatu yang menarik selepas laga final Piala AFF U-19 2024. Dia mengunggah potret para pemain yang tengah bersujud syukur, dibarengi prosesi doa agama lain.

Foto ini sendiri diambil oleh fotografer ANTARA, Rizal Hanafi. Foto ini pun diunggah di sebuah akun TikTok bernama @haevun, dan diunggah lagi oleh Erick di akun Instagram-nya.

"Berbeda-beda tetapi tetap satu. Bhinneka Tunggal Ika. Inilah Indonesia," cuit Erick.

1. Kebiasaan yang sudah diterapkan Indra Sjafri sejak lama

Tentang Sujud Syukur dan Keberagaman di Timnas U-19Indra Sjafri (tengah) saat konferensi pers usai lawan Filipina, Rabu (18/7/2024). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Terkait sujud syukur, itu sudah jadi kebiasaan Indra Sjafri sejak lama. Saat dia menjadi pelatih Timnas U-19 di Piala AFF U-19 2013 silam, dia sudah memeragakan selebrasi sujud syukur ini saat mengantarkan Garuda Muda juara.

Ternyata, kebiasaan itu terus berlanjut sampai sekarang, di tim manapun yang Indra tangani. Pada SEA Games 2023, dia juga memeragakan sujud syukur ketika berhasil mengantarkan Timnas U-22 meraih medali emas.

Baca Juga: Indra Sjafri, Sang Guru Timnas Usia Muda Indonesia

2. Keberagaman yang tampak sepanjang AFF U-19 2024

Tentang Sujud Syukur dan Keberagaman di Timnas U-19Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri (kiri) bersama pemain, Kafiatur. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Di Piala AFF U-19 2024, sujud syukur Indra ini mengalami modifikasi, terutama di kalangan para pemain. Jadi, ada kebiasaan yang diterapkan Indra selepas laga Timnas U-19, yakni para pemain harus berdoa sesuai agama masing-masing.

Hal itu menghadirkan potret keberagaman yang apik. Jadi, ada beberapa pemain yang sujud syukur. Namun, ada juga pemain-pemain yang berdoa sesuai kepercayaan masing-masing, seperti Kadek Arel, Wayan Arta, Ama Ola, Welber Jardim, dan Jens Raven.

Prosesi berdoa bersama selepas laga ini acap dilakukan di AFF U-19 2024, termasuk di semifinal dan final. Alhasil, Timnas U-19 pun jadi memiliki warna tersendiri.

3. Perjuangan Timnas U-19 masih berlanjut

Tentang Sujud Syukur dan Keberagaman di Timnas U-19Timnas U-19 di Piala AFF U-19 2024. (Dok. PSSI)

Selepas Piala AFF U-19 2024 ini, masih ada tantangan lain menanti Timnas U-19. Pada September 2024 mendatang, mereka akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Timnas U-19 tergabung di Grup F dalam ajang tersebut, bersama Yaman, Maldives, dan Timor Leste. Akankah mereka memenuhi target Erick Thohir untuk tembus Piala Dunia U-20 2025, dan kita melihat lagi sujud syukur Indra Sjafri?

Baca Juga: Timnas U-19 Juara Piala AFF, Erick: Talenta Muda Kita Kuat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya