Teknologi VAR Bakal Hadir di Piala Dunia U-17 2023

FIFA disebut akan membawa alat VAR ke Indonesia

Jakarta, IDN Times - Sebuah terobosan diprediksi bakal hadir di Piala Dunia U-17 2023. Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan dalam ajang tersebut. Hal itu dikonfirmasi oleh CEO VIP Production Emtek, Indra Yudhistira.

"Ada (VAR). Nanti tim VAR itu juga akan berhubungan dengan tim produksi kita. Tim VAR itu nanti dari FIFA, mereka bawa alat-alatnya semua. Terus nanti ditaruh di sebelah control room dan kita harus naruh satu kamera juga. Di stadion akan disediakan ruangan khusus (tim) VAR," ujar Indra di SCTV Tower, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: Lazio Terpuruk di Serie A, FIFA Sampai UEFA Disalahkan

1. Akan ada goal line technology

Teknologi VAR Bakal Hadir di Piala Dunia U-17 2023Goal Line Technology (skysports.com)

Indra mengatakan, selain VAR, Piala Dunia U-17 2023 juga bakal menerapkan goal line technology. Namun penerapannya akan berbeda dengan Piala Dunia 2022 di Qatar. Begitu juga dengan VAR yang penerapannya tidak akan secanggih di Qatar.

"Ada dong (goal line technology). Cuma beda sama Qatar, kita tetap taruh dua kamera khusus untuk goal line. Terus, tim VAR-nya yang melakukan handle. Jadi VAR itu termasuk teknologi goal line, cuma beda sama yang di Qatar," kata Indra.

Baca Juga: Presiden FIFA Ucapkan Selamat Atas Pembangunan Pusat Latihan Timnas RI

2. Momen belajar sekaligus modal penerapan VAR di Liga 1

Teknologi VAR Bakal Hadir di Piala Dunia U-17 2023bbc.com

Lebih lanjut, Indra mengungkapkan, hadirnya VAR dan goal line technology di Piala Dunia U-17 2023 ini akan jadi momen belajar bagi Indonesia. Selain itu, juga jadi momen bagi Emtek untuk belajar bagaimana VAR dan goal line technology bekerja.

Selain itu, peluang hadirnya VAR ini juga bakal jadi modal bagi Liga 1. Rencananya, VAR akan diterapkan di Liga 1 per Februari 2024. Piala Dunia U-17 2023 ini bisa jadi masa pengakraban sepak bola Indonesia dengan VAR.

"Karena salah satu keinginan kita nanti acaranya selesai, VAR-nya bisa digunakan. Pak Erick inginnya stay, kan. Ada kemungkinan (stay) di sini. Makanya Liga 1 Februari rencananya pakai VAR kan itu. Kayaknya setelah ini baru stay,"  kata dia.

"Dan bagusnya, ini yang empat stadion (venue Piala Dunia U-17 2023) kita bongkar, misalnya kayak platform kameranya tingginya, posisinya. Jadi itu nanti standarnya akan internasional. Bisa jadi percontohan stadion lain," tambahnya.

Baca Juga: PSSI Siap Capai Target 10 Ribu Penonton di Piala Dunia U-17

3. PSSI belum mau bicara soal penerapan VAR di Piala Dunia U-17

Teknologi VAR Bakal Hadir di Piala Dunia U-17 2023Emtek jadi pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sementara itu, PSSI belum mau bicara banyak soal penerapan VAR di Piala Dunia U-17 2023. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan, penerapan VAR di ajang itu jadi kewenangan FIFA sepenuhnya.

"Ya itu (penerapan VAR di Piala Dunia U-17 2023) memang kan otoritas dari FIFA-nya langsung. Bukan dari kami, ya. Kami ini sebagai penyelenggara semua payungnya semua di bawah mereka," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Siap Capai Target 10 Ribu Penonton di Piala Dunia U-17

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya