Soal Cawapres, Erick Thohir: Saya Ketum PSSI Sampai 2027

Erick Thohir ingin fokus di PSSI sampai 2027

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akhirnya memberikan jawaban mengenai isu yang beredar, mengenai dirinya yang bakal maju jadi calon wakil presiden (cawapres). Dia menegaskan komitmennya untuk federasi.

"Gini, jangan dicampur bola sama politik. Kita sudah sampaikan beberapa kali. Tugas saya sebagai Ketua Umum PSSI sampai 2027. Kecuali teman-teman media tidak suka, Exco menjatuhkan saya, ya tidak apa-apa. Tapi tugas saya sampai 2027," ujar Erick kepada awak media.

Baca Juga: Erick Thohir Rangkap Jabatan di PSSI, Urus Wasit Juga

1. Erick tidak suka sepak bola dicampur dengan politik

Soal Cawapres, Erick Thohir: Saya Ketum PSSI Sampai 2027Erick Thohir di ASIOP Sentul. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick menegaskan, dia tidak suka jika sepak bola dicampur dengan politik. Dia berujar, jika memang ingin memanfaatkan sepak bola atau olahraga sebagai ajang cawe-cawe, dia sudah melakukannya sejak lama.

"Kalau memang waktu itu saya ingin cawe-cawe di sepak bola, kenapa waktu itu Persija juara saya nggak running Gubernur DKI? Atau ketika saya sukses Asian Games 2018, kenapa saya nggak jadi Menpora gitu?" kata Erick.

2. Erick tidak berpolitik, tetapi menjadi pelayan publik

Soal Cawapres, Erick Thohir: Saya Ketum PSSI Sampai 2027Cak Lontong bersama Ketum PSSI, Erick Thohir. (Dok. PSSI)

Erick berujar, dia lebih lama berkecimpung di dunia olahraga ketimbang politik. Alhasil, dia tidak mau menyebut dirinya politisi. Dia ingin disebut sebagai pejabat publik.

"Saya di dunia olahraga ini jauh lebih lama sebelum tadi saya jadi pejabat publik. Karena saya tidak pernah menempatkan diri saya sebagai politisi. Saya bekerja sebagai public servant. Ya, saya melayani, saya bekerja untuk Pak Jokowi, pemerintah," ujar Erick.

3. Erick Thohir dinilai cocok menjadi cawapres

Soal Cawapres, Erick Thohir: Saya Ketum PSSI Sampai 2027Ketua Umum PSSI, Erick Thohir angkat suara soal Israel jadi peserta Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. (IDN Times/Tino).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara, menilai Erick Thohir merupakan sosok yang pas mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Namun, belum ada pengumuman resmi soal ini.

"Dari sisi elektabilitas, jika calon wakil presiden (cawapres) tak bisa meningkatkan suara, minimal tidak menurunkan. Sosok Erick Thohir berpotensi meningkatkan elektabilitas, jika berpasangan dengan Prabowo," ujar Igor, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Komitmen Terus Dukung Pemberantasan Mafia Bola

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya