Sejauh Ini, VAR Jadi Musuh Romelu Lukaku di Euro 2024

Total 3 gol Lukaku dianulir VAR

Jakarta, IDN Times - Video Assistant Referee (VAR) agaknya jadi musuh Romelu Lukaku di Euro 2024 sejauh ini. Total, sudah ada tiga golnya yang dianulir oleh teknologi tersebut.

Terbaru, gol Lukaku yang dianulir oleh VAR terjadi saat Belgia bersua Rumania di laga fase grup Euro 2024, Minggu (23/6/2024) dini hari WIB. Beruntung, dua gol dari Youri Tielemans dan Kevin De Bruyne tetap membawa Belgia menang.

Meski timnya menang, tentu ada kekesalan tersendiri di benak Lukaku. Apa memang ada masalah antara dirinya dan VAR?

1. Lukaku dianggap offside

Sejauh Ini, VAR Jadi Musuh Romelu Lukaku di Euro 2024UEFA.com

Pada menit 64 laga Belgia lawan Rumania, Lukaku mencetak gol usai menerima umpan apik De Bruyne dari tengah. Melewati adangan bek, dia melepaskan sepakan terukur yang gagal dihalau kiper Rumania.

Namun, setelah wasit mengecek VAR, ternyata gol dianulir lantaran Lukaku dianggap offside. Uniknya, bagian tubuh Lukaku yang terkena offside itu tidak banyak. Lutut maju beberapa centimeter dari garis pertahanan terakhir lawan.

Baca Juga: Portugal Kesal, 6 Pitch Invader Kejar Ronaldo Saat Lawan Turki

2. Dua kali dianulir lawan Slovakia

Sejauh Ini, VAR Jadi Musuh Romelu Lukaku di Euro 2024Romelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Kejadian gol Lukaku yang dianulir di Euro 2024 sebelumnya juga terjadi saat Belgia bersua Slovakia. Ada dua gol Lukaku yang tidak disahkan wasit di laga ini. Pertama pada menit 57, karena Lukaku dianggap sudah offside berdasarkan pengamatan dari VAR.

Pada menit 86, Lukaku kembali mencetak gol untuk Belgia. Namun, setelah berkonsultasi dengan VAR, wasit pun tidak mengesahkan gol ini, lantaran Lois Openda dianggap sudah handball sebelum mengirim umpan ke Lukaku.

3. Tetap memberi kontribusi bagi Belgia

Sejauh Ini, VAR Jadi Musuh Romelu Lukaku di Euro 2024Romelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Terlepas dari tiga golnya di Euro 2024 yang sudah dianulir wasit, usai berkonsultasi dengan VAR, Lukaku tetap memberi kontribusi bagi Belgia. Di laga lawan Rumania, dia jadi pemberi assist untuk Tielemans.

Di laga lawan Slovakia, Lukaku juga tak henti menebar ancaman lewat pergerakan dan aksi-aksi post play-nya. Sayang memang, belum ada gol di Euro 2024 yang tercatat atas namanya, karena VAR dan wasit menganulir itu semua.

Baca Juga: Kalahkan Rumania, Belgia Jaga Asa ke 16 Besar Euro 2024

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya