Salip Malaysia, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 130 FIFA

Timnas Indonesia menggeser Malaysia lagi

Intinya Sih...

  • Timnas Indonesia menyalip Malaysia ke peringkat 130 FIFA setelah imbang melawan Australia.
  • Indonesia naik dua peringkat setelah tambahan poin 8,57, sementara Australia turun peringkat.
  • Peringkat FIFA Indonesia sebelumnya disalip Malaysia, namun kini kembali menggeser Malaysia dari posisi 130.

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia memang urung meraih kemenangan atas Australia dalam laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun, mereka tetap sukses menyalip Malaysia, dan sekarang naik ke peringkat 130 FIFA.

Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/9/2024) malam WIB, Timnas Indonesia ditahan imbang Australia dengan skor 0-0. Kendati tidak menang, hasil imbang ini memberikan tambahan poin signifikan bagi Indonesia.

Baca Juga: 3 Catatan dari Hasil Imbang Timnas Indonesia Lawan Australia

1. Indonesia dapat tambahan poin 8.57

Salip Malaysia, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 130 FIFAPotret latihan terakhir Timnas Indonesia jelang lawan Australia, Senin (9/9/2024), (IDN Times/Tino).

Dilansir Footy Rankings, Indonesia mendapatkan tambahan poin 8,57, buntut dari keberhasilan mereka mengimbangi Australia. Di sisi lain, Australia justru mendapat pengurangan poin 8,57 dari hasil imbang ini.

Sontak, Indonesia pun naik dua peringkat, dari yang awalnya 132, kini naik ke posisi 130 dengan total poin 1124,17. Sementara, meski mendapatkan pengurangan poin, Australia untuk sementara masih bercokol di posisi 25.

2. Menyalip Malaysia lagi

Salip Malaysia, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 130 FIFAAksi kapten Timnas Indonesia, Jay Idzes, dalam duel melawan Australia di SUGBK, Selasa (10/9/2024) (IDN Times / Tata Firza)

Sebelumnya, peringkat FIFA Indonesia disalip Malaysia. Hal itu tak lepas dari keberhasilan 'Harimau Malaya' memenangi Pesta Bola Merdeka 2024. Ajang ini ternyata masuk hitungan poin FIFA.

Malaysia sempat melengserkan Indonesia dari posisi 131, dengan catatan 1.117,64 poin. Sekarang, posisi mereka diambil alih Indonesia lagi, bahkan skuad Merah Putih juga melengserkan Nikaragua dari posisi 130.

Baca Juga: Kenapa Malaysia Bisa Salip Peringkat FIFA Timnas Indonesia?

3. Potensi pertambahan poin bulan depan

Salip Malaysia, Timnas Indonesia Naik ke Peringkat 130 FIFATimnas Indonesia dalam laga melawan Arab Saudi pada kualifikasi Piala Duni 2026 (X.com/TimnasIndonesia)

Tuntasnya laga lawan Australia ini juga menandakan akhir dari FIFA Matchday September 2024. Laga internasional FIFA akan hadir lagi pada Oktober 2024, dan Timnas Indonesia masih akan ambil bagian dalam dua laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada 10 Oktober 2024, Timnas Indonesia bakal bertandang ke markas Bahrain, dan lanjut 15 Oktober 2024, mereka bertandang ke markas China. Dua laga ini bisa jadi momen bagi tim Merah Putih mendulang poin, agar peringkat FIFA mereka bisa naik lagi.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya