Ricuh Suporter Liga 1, Menpora: Jangan Pentingkan Ego

Ricuh suporter terjadi di pekan 11 Liga 1

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo turut berkomentar mengenai kericuhan antarsuporter yang terjadi dalam duel Persija lawan Persib di Liga 1 2023/24. Dia pun meminta suporter untuk menurunkan ego.

"Jangan melihat ego, masalah organisasi dan perkumpulan karena bola harus dijaga secara kebersamaan. Tidak bisa pemerintah dan PSSI semata, tidak bisa juga suporter semata," ujar Dito di Kemenpora, Senin (4/9/2023).

1. PSSI sudah melakukan mediasi dan rekonsiliasi

Ricuh Suporter Liga 1, Menpora: Jangan Pentingkan EgoRibuan Jakmania hadiri sesi latihan Persija, Selasa (29/8/2023). (Twitter/@Persija_Jkt).

Dito berkata, soal kericuhan antarsuporter ini, PSSI selaku federasi sudah melakukan rekonsiliasi dan mediasi. Dia juga heran, kenapa setiap pekan selalu ada keributan antar suporter.

"Saya lihat PSSI sudah melakukan mediasi dan rekonsiliasi. Tidak bisa pemerintah dan PSSI semata, tidak bisa juga suporter semata (dalam perbaikan perilaku suporter-red)," kata Dito.

Baca Juga: Bentrok Suporter Sempat Terjadi Usai Persija Vs Persib

2. Jakmania sudah sampaikan permintaan maaf

Ricuh Suporter Liga 1, Menpora: Jangan Pentingkan EgoKetum The Jakmania, Diky Soemarno. (Twitter/@DikySoemarno)

Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno, sudah menyampaikan permintaan maaf terkait ricuh suporter dalam laga Persija lawan Persib. Dia tidak memungkiri adanya sesuatu yang tak menyenangkan selepas laga.

"Maaf atas apa yang terjadi pada pertandingan kemaren sore. Tentunya banyak yang kecewa, banyak yang marah dan sebel atas beberapa kejadian tidak mengenakan yang terjadi," tulis Diky di akun Twitter pribadinya.

3. Keributan terjadi selepas laga Persija lawan Persib

Ricuh Suporter Liga 1, Menpora: Jangan Pentingkan EgoTangkapan layar CCTV Dishub Kota Bekasi. (Istimewa)

Keributan antarsuporter memang terjadi selepas laga Persija lawan Persib. Kericuhan sempat pecah di sejumlah titik, dan tidak diketahui secara jelas apa penyebab dari keributan ini.

Koordinator lapangan (Korlap) Jakmania pun bekerja ekstra keras untuk melakukan pengamanan. Mereka menarik orang-orang yang diduga penyusup dari amukan para fans Persija.

Buntut dari kejadian ini, pemain Persib tak langsung meninggalkan stadion selepas laga. Pertandingan 'Maung Bandung' lawan Persija yang masuk pekan 11 Liga 1 2023/24 itu berakhir dengan skor 1-1.

Baca Juga: Persija Vs Persib Gak Boleh Lagi Main di Stadion Patriot

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya