Ragnar Hentikan Rekor Buruk Timnas Indonesia di Markas Arab Saudi

Indonesia sempat tumpul di markas Arab Saudi

Intinya Sih...

  • Ragnar Oratmangoen mencetak gol bagi Timnas Indonesia dalam laga lawan Arab Saudi setelah menanti 28 tahun.
  • Sebelumnya, tidak ada pemain Indonesia yang mampu mencetak gol di markas Arab Saudi selama 28 tahun, dengan rentetan kekalahan dalam empat lawatan sebelumnya.
  • Meskipun belum mampu menang atas Arab Saudi, gol Ragnar membawa hasil positif bagi Indonesia, meski masih sulit untuk meraih kemenangan atas The Green Falcons.

Jakarta, IDN Times - Ragnar Oratmangoen jadi pencetak gol Timnas Indonesia dalam laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Siapa sangka, gol ini membuahkan catatan menarik.

Laga lawan Arab Saudi yang dihelat di King Abdullah Sports City Stadium ini berakhir imbang 1-1. Gol Ragnar berhasil dibalas oleh Musab Al Juwayr. Meski gagal membawa Indonesia menang, gol ini tetap jadi sejarah tersendiri.

1. Pemain pertama yang mampu cetak gol di kandang Arab Saudi

Ragnar Hentikan Rekor Buruk Timnas Indonesia di Markas Arab SaudiPemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, lawan Arab Saudi. (Dok. PSSI)

Ragnar memecahkan catatan buruk Indonesia di kandang Arab Saudi yang sudah bertahan selama 28 tahun. Pada akhirnya, ada pemain Pasukan Garuda yang mampu mencetak gol di markas Arab Saudi.

Sebelumnya, pemain terakhir yang mampu melakukan ini adalah Ronny Wabia. Pada November 1996, Ronny mencetak gol di kandang Arab Saudi dalam laga persahabatan. Sayang, laga itu berakhir kekalahan 1-4 buat Indonesia.

Baca Juga: Klasemen Grup C: Timnas Indonesia Ungguli Australia dan China

2. Sempat tak ada pemain yang bisa cetak gol di markas Arab Saudi

Ragnar Hentikan Rekor Buruk Timnas Indonesia di Markas Arab SaudiTimnas Indonesia lawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Dok. PSSI)

Sebelum Ragnar menghentikan catatan buruk ini, tak ada pemain Indonesia yang mampu mencetak gol di markas Arab Saudi. Dalam empat lawatan Indonesia ke kandang Arab pada 2003, 2004 (dua kali), dan 2014, Indonesia acap tumpul di markas Arab Saudi.

Keempat laga itu pun berakhir dengan kekalahan bagi Indonesia. Akan tetapi, rentetan kekalahan itu akhirnya pupus pada September 2024.

3. Ragnar senang bisa cetak gol

Ragnar Hentikan Rekor Buruk Timnas Indonesia di Markas Arab SaudiRagnar Oratmangoen menggiring bola pada laga kontra Filipina di Stadion Gelora Bung Karno (pssi.org)

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Ragnar mengaku senang bisa mencetak gol ke gawang Arab Saudi. Apalagi, gol ini juga membantu Indonesia meraih hasil positif di laga tersebut.

"Saya senang bisa mencetak gol," ujar Ragnar.

Bagi Indonesia, ini adalah kali keempat bermain imbang lawan Arab Saudi. Namun, Indonesia masih belum pecah telur, karena masih sulit menang atas The Green Falcons dalam 15 pertemuan terakhir.

Baca Juga: 3 Pemain Timnas Indonesia yang Menonjol Lawan Arab Saudi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya