PSSI Upayakan Naturalisasi 2 Pemain Lagi, Ada Emil Audero?

PSSI siap naturalisasi pemain lagi

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga berujar, fedeasi saat ini tengah berupaya untuk menaturalisasi dua pemain lagi. Banyak spekulasi nama bermunculan, salah satunya adalah Emil Audero Mulyadi.

Naturalisasi ini dilakukan untuk menyambut dua laga sisa di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kendati begitu, Arya belum mau menyebutkan identitas pasti dari sang pemain.

"Kita berharap bisa segera menyelesaikan proses naturalisasi dua pemain yang saat ini sedang kita proses, sesuai dengan instruksi dari Pak Ketum (Erick Thohir)," kata Arya di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga: Paes Bisa Main Juni, Naturalisasi Thom dan Ragnar Tuntas 13 Maret

1. PSSI berharap dua pemain itu segera tiba di Indonesia

PSSI Upayakan Naturalisasi 2 Pemain Lagi, Ada Emil Audero?Arya Sinulingga ditunjuk jadi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Arya berharap, dua pemain itu bisa segera tiba di Indonesia. Sebab, dia menilai proses naturalisasi dikatakan berjalan apabila para pemain yang akan dinaturalisasi sudah datang di Indonesia untuk melakoni serangkaian tes.

"Kami sedang mencari waktu yang tepat agar mereka bisa datang ke Indonesia dan memulai prosesnya, termasuk mengurus pernyataan keinginan pindah kewarganegaraan di kedutaan," kata Arya.

2. Meningkatkan lagi kekuatan Timnas Indonesia

PSSI Upayakan Naturalisasi 2 Pemain Lagi, Ada Emil Audero?Witan Sulaeman dan Pratama Arhan masuk skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Lebih lanjut, Arya juga optimistis kehadiran dua pemain naturalisasi baru ini bisa meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Tidak cuma itu, para pemain ini nantinya bisa memberi tambahan opsi bagi Shin Tae Yong.

"Kami berharap proses ini berjalan lancar dan bisa selesai secepatnya, agar Timnas kita semakin kuat dengan tambahan dua pemain berkualitas ini," kata Arya.

3. Siapa saja pemain yang berpotensi dinaturalisasi?

PSSI Upayakan Naturalisasi 2 Pemain Lagi, Ada Emil Audero?Instagram.com/emil_audero

Terkait spekulasi siapa yang akan dinaturalisasi, ada beberapa nama yang mencuat ke permukaan. Ada Ole Romeny dari Utrecht,dan Calvin Verdonk dari NEC Nijmegen. Mereka mengonfirmasi sudah dihubungi oleh PSSI untuk menjalani proses naturalisasi.

Selain dua nama itu, ada juga nama Emil Audero Mulyadi yang berpeluang dinaturalisasi PSSI. Hal itu tak lepas dari indikasi yang dikeluarkan kiper yang kini membela Inter Milan itu, lewat emoji bendera Italia dan Indonesia di media sosial pribadinya.

Baca Juga: Emil Audero Mulyadi, Pemuda Kelahiran Lombok Jadi Kiper Inter Milan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya