PSSI Tepis Isu Timnas Indonesia Pakai APBN Buat Sewa Pesawat

Beredar isu Timnas carter pesawat dengan APBN

Intinya Sih...

  • Zainudin Amali klarifikasi rumor carter pesawat Timnas dengan APBN, disebutnya salah besar.
  • Bantuan APBN untuk PSSI sebesar Rp120 miliar, bukan Rp127 miliar seperti yang beredar di publik.
  • Keinginan sewa pesawat Timnas karena jadwal laga tandang di China pada Oktober 2024 yang memerlukan perjalanan panjang dan tidak adanya penerbangan langsung.

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, memberi klarifikasi soal Timnas Indonesia carter pesawat menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Menurutnya, rumor yang beredar di publik salah besar.

"Pemetaan anggara semua untuk kebutuhan pelatnas, pembinaan, dan sebagainya, tak ada khusus untuk penyewaan pesawat carter. Jika kami terpaksa harus menggunakan pesawat carter, maka itu didanai dari non-APBN," ujar Zainudin dalam keterangannya.

1. Waketum PSSI juga klarifikasi soal besaran dana APBN

PSSI Tepis Isu Timnas Indonesia Pakai APBN Buat Sewa PesawatZainudin Amali, Sumardjo, Yunus Nusi dan Indra Sjafri ketika wawancara, Rabu (31/7/2024). (IDN Times/Tino).

Zainudin juga turut memberi klarifikasi soal besaran dana APBN yang jadi bantuan untuk PSSI. Dia menyebut besaran bantuan itu Rp120 miliar, bukan Rp127 miliar seperti yang tersebut beberapa kali di publik.

"Saya juga mau klarifikasi jumlah yang beredar (bantuan APBN untuk PSSI) itu tidak seperti itu, dibilang Rp127 miliar. Yang benar itu, Rp120 miliar ya. Itu juga kalau dihitung kebutuhan kami di federasi bisa empat kali lipat dari situ," kata Zainudin.

Baca Juga: Ini Alasan Jens dan Welber Absen Perkuat Timnas U-19 di Korea

2. Dana APBN sudah ada posnya

PSSI Tepis Isu Timnas Indonesia Pakai APBN Buat Sewa PesawatSkuad Timnas Indonesia saat menyanyikan lagu Indonesia Raya vs Irak di SUGBK, 6 Juni 2024. (IDN Times/Naufal Fatahillah).

Zainudin menjelaskan bantuan dana APBN untuk PSSI sudah ada posnya sendiri. PSSI juga tak memanfaatkannya secara mandiri, tetapi sudah disepakati oleh beberapa Kementerian terkait.

"Pak Erick Thohir (Ketua Umum PSSI) menekankan sebisa mungkin yang dibiayai oleh bantuan APBN itu adalah yang disepakati Kemenkeu, Kemenpora, dan kami selaku PSSI. Kami tahu diri jugalah," kata Zainudin.

3. Kenapa PSSI ingin carter pesawat?

PSSI Tepis Isu Timnas Indonesia Pakai APBN Buat Sewa PesawatTimnas Indonesia lawan Irak di SUGBK. (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Keinginan PSSI sewa pesawat tak lepas dari situasi yang dialami Timnas. Pada Oktober 2024 nanti, Pasukan Garuda akan melakoni dua laga tandang di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Bahrain dan China.

Khusus saat melawan China, laga ini bakal dihelat di Qingdao, bukan Beijing. Qingdao berjarak enam sampai tujuh jam perjalanan darat dari Beijing. Tak ada penerbangan langsung dari Bahrain ke Qingdao, makanya terbuka opsi untuk sewa pesawat agar para pemain Timnas gak kelelahan.

Baca Juga: Perkenalkan Shakti, Maskot Baru Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya