PSSI Siap Cabut Larangan Suporter Away di Liga 1, Kapan?

Tengah digodok oleh PSSI

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menggemakan rencana suporter away di Liga 1 2024/25 ini. Namun, dia tak bisa menjanjikan hal itu terlaksana dalam waktu dekat.

"Ya, pasti akan ada transisi hanya saja waktunya kapan kita belum tahu, tetapi kami sudah susun. Saya sudah minta masukan ke suporter untuk menyusun kalau masa transisi itu jadi bagaimana kita bikin, apa yang dilakukan,” kata Arya di Jakarta, Selasa (9/7/2024).

1. Aturan suporter away sudah disusun

PSSI Siap Cabut Larangan Suporter Away di Liga 1, Kapan?Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga dalam acara Diskusi PSSI Pers. (Dok. PSSI Pers)

Arya mengungkapkan, PSSI sudah menyusun regulasi mengenai suporter away di Liga 1 2024/25. Nantinya, federasi akan berkomunikasi lagi dengan suporter dan menjadikan regulasi itu jadi sesuatu yang tetap.

"Jadi kami sudah susun. sudah kami komunikasi suporter, nantinya akan kami komunikasikan ke federasi kalau itu jadi regulasi,” kata Arya.

Baca Juga: PSSI Tegaskan Tidak Ada Pemain Titipan di Timnas

2. Akan dibawa ke rapat Exco

PSSI Siap Cabut Larangan Suporter Away di Liga 1, Kapan?Maman Abdurahman dan sang anak di laga Persija vs PSIS. (Dok. Persija)

Lebih lanjut, Arya mengungkapkan usulan regulasi suporter away di Liga 1 2024/25 ini akan dibawa ke rapat Exco PSSI. Nantinya juga akan ada laga yang menjadi uji coba kehadiran suporter away secara resmi ini.

"Kapan diterapkan dan itu akan diputuskan dalam rapat Exco, tapi kami dari Komite Suporter sudah diskusi. Kami sudah bikin, kami lempar ke mereka, mereka juga kasih masukan, tapi kami masih tunggu kapan masa transisinya,” kata Arya.

3. Bagaimana tanggapan PNSSI?

PSSI Siap Cabut Larangan Suporter Away di Liga 1, Kapan?Gelaran Liga 1 2023/24. (Dok. BRI)

Ketua Presidiun Nasional Suporter Sepakbola Indonesia (PNSSI) Daeng Uki berharap, larangan suporter away bisa segera dicabut di Liga 1 2024/25. Paling tidak, dia ingin larangan itu dicabut setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Iya masih ada harapan (dicabutnya larangan suporter away di Liga 1), kalau dilihat nanti sudah aman-aman bisa dicabut di putaran kedua. Mungkin setelah habis Pilkada," kata Uki.

Baca Juga: Suporter Tamu Dilarang Away Day, Arema FC: Kami Patuhi PSSI 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya