PSSI Masih Membedah Masalah Utama Perwasitan Indonesia

Masalah wasit Indonesia ini masih ditelisik

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa, menyebut bahwa sampai saat ini, masalah perwasitan di Indonesia masih dia telusuri. Sebab, semua masih belum jelas baginya.

"Jujur, saya belum tahu secara jelas (masalah wasit di Indonesia apa). Saya hanya dengar rumor-rumor saja dengan telinga saya. Saya harus melihat semua dengan mata kepala saya sendiri," ujar Ogawa di Gedung Telkom, Senin (20/11/2023).

1. Ogawa ingin ke stadion

PSSI Masih Membedah Masalah Utama Perwasitan IndonesiaDewa United di ajang Liga 1 2023/24. (Dok. Dewa United FC)

Dalam waktu dekat, sekira bulan depan, Ogawa menyebut bahwa dia akan ke stadion, untuk merasakan langsung atmosfer pertandingan. Sejauh ini, dia hanya melihat semua di video. Dia harus merasakan "feel" dari pertandingan.

"Sejauh ini saya hanya melihat dari video saja. Tak ada "feel" yang saya rasakan. Bulan depan, saya baru akan ke stadion, jadi saya akan tahu apa yang sebenarnya terjadi," kata Ogawa.

Baca Juga: Muncul Permintaan Liga 1 Dipimpin Wasit Asing

2. Ogawa ingin fokus pada pengembangan wasit

PSSI Masih Membedah Masalah Utama Perwasitan IndonesiaWakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih jauh, Ogawa berkata bahwa dia ingin berfokus pada pengembangan wasit. Pengembangan itu, nantinya tidak akan melibatkan wasit saja, tetapi beberapa pihak macam pelatih dan instruktur wasit juga.

"Saya ingin membuat program pengembangan untuk wasit, asisten wasit, dan juga instruktur bagi wasit, yang akhirnya dapat menunjang performa wasit di Indonesia," ujar Ogawa.

3. Ogawa minta semua pihak bersabar

PSSI Masih Membedah Masalah Utama Perwasitan IndonesiaPSSI gelar seleksi wasit untuk Liga 1 musim 2023/24. (Dok. PSSI).

Mengenai pengembangan wasit ini, Ogawa minta semua pihak bersabar. Saat ini, PSSI masih melakukan proses pengembangan wasit, mulai dari kualitas fisik dan juga pengembangan mereka akan situasi-situasi tertentu di lapangan.

"Intinya saya harus melihat lebih lagi. Barulah, saya bisa memberikan saran yang baik untuk mereka. Berikanlah kami, PSSI, waktu beberapa bulan lagi. Nanti baru saya akan berkomentar lebih soal wasit Indonesia," ujar Ogawa.

Baca Juga: Football Institute: Hasil Evaluasi Wasit Harus Dipublikasikan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya