PSSI Belum Beri Izin Suporter Tandang di Liga 1 2024/25

PSSI masih dalam pengawasan FIFA

Jakarta, IDN Times - Kabar buruk hadir bagi suporter klub-klub Liga 1. PSSI belum memberi izin kehadiran suporter tandang untuk kompetisi musim 2024/25. Sanksi FIFA masih menghantui federasi.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berujar bahwa federasi tak mau mengambil risiko membiarkan suporter hadir dalam laga tandang. Sebab, sepak bola Indonesia masih berada dalam pengawasan FIFA.

"Untuk yang suporter away, itu dari surat FIFA jelas. Transformasi yang ada di PSSI ini kan masih dalam peninjauan. FIFA bisa mengambil posisi untuk menyetop kompetisi lagi," ujar Erick di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

1. Masih banyak kerusuhan suporter yang terjadi

PSSI Belum Beri Izin Suporter Tandang di Liga 1 2024/25Perayaan gelar Persib Bandung sebagai juara Liga 1 2023/24. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick tidak menutup mata, masih banyak ditemukan gesekan antar suporter di beberapa laga Liga 1. Belum lagi, ada beberapa kejadian memalukan yang melibatkan oknum suporter, salah satunya aksi anarkis terhadap kendaraan warga di Bandung.

Erick juga menyesali tindakan pelemparan gerbong kereta api tujuan Surabaya, jelang leg kedua final Liga 1 2023/24 antara Madura United lawan Persib Bandung. Dia pun meminta semua pihak instropeksi diri.

"Kita juga enggak boleh menutup mata, saya rasa beberapa pertandingan di Liga tahun kemarin pun masih banyak isu-isu yang suporter terlukai. Nah jadi kalau dari saya lebih baik kita introspeksi diri," kata Erick.

Baca Juga: Kuota Pemain Asing Liga 1 Ditambah karena Pemain Lokal Mahal? 

2. Sistem baru akan diterapkan untuk suporter

PSSI Belum Beri Izin Suporter Tandang di Liga 1 2024/25Gelaran Liga 1 2023/24. (Dok. BRI)

Erick mengungkapkan, agar tercipta kenyamanan bagi suporter, dia merencanakan sistem penjualan tiket yang lebih tertata di musim selanjutnya. Dia menginginkan klub bisa mendata suporter dari data pembelian tiket.

"Liga di tahun depan harus menerapkan sistem ticketing dengan melakukan pendataan yang tepat. Jadi sudah tidak hanya jual beli tiket biasa. Kalau kemarin Timnas kami bisa tahu suporter ini, suporter ini, kenapa di Liga tidak bisa?" ujar Erick.

3. Erick minta suporter bersabar

PSSI Belum Beri Izin Suporter Tandang di Liga 1 2024/25Ketum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih jauh, Erick meminta para suporter bersabar terkait aturan hadir di laga tandang ini. Semua menunggu hasil tinjauan dari FIFA terhadap transformasi di sepak bola Indonesia.

"Jadi kita tunggu seperti apa review FIFA soal suporter. Saya pasti mendukung suporter bisa hadir. Tetapi kalau melihat dari kejadian-kejadian selama Liga 1 musim kemarin, saya rasa kita harus sadar bahwa kondisi belum baik-baik saja," ujar Ketum PSSI itu.

Baca Juga: Permintaan PSSI Dikabulkan LIB, Pemain Timnas Kumpul H-4

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya