PSSI Akan Rapat dengan Komdis dan LIB, Bahas Suporter Tandang

Akan ada kebijakan baru soal aturan ini

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, berujar akan menggelar rapat dengan Komite Disiplin (Komdis) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Rapat ini membahas mengenai suporter yang mulai melanggar larangan tandang.

"Besok (Selasa (8/8/2023)), saya akan memimpin rapat PT LIB dengan Komdisi dan Komite PSSI terkait (soal suporter tandang). Tunggu saja nanti," ujar Zainudin di Jakarta pada Senin (7/8/2023).

1. Membahas insiden suporter PSS juga

PSSI Akan Rapat dengan Komdis dan LIB, Bahas Suporter Tandanginstagram/@bcsxpss.1976

Selain membahas soal banyaknya suporter yang melanggar aturan tandang, ada indikasi pertemuan PSSI, LIB, dan Komdis pada Selasa (8/8/2023) juga membahas insiden suporter PSS saat laga lawan Persija. Namun, Zainudin tak mau berkomentar lebih jauh.

"Pada Selasa (8/8/2023) kita bicarakan. Tunggu saja. Kami tidak ikut campur. Semua kami serahkan ke Komdis. Kalau tidak puas, silakan minta ke Komite Banding PSSI," ujar Zainudin.

Baca Juga: Suporter Sempat Ricuh, PSIS Semarang Bungkam PSS Sleman 5-2 

2. LIB hanya menjalankan regulasi

PSSI Akan Rapat dengan Komdis dan LIB, Bahas Suporter TandangDirut PT LIB, Ferry Paulus ketika menghadiri Kongres Biasa PSSI, Minggu (28/5/2023). (IDN Times/Tino).

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus berkata, operator liga hanya menjalankan regulasi. Mengenai usulan perubahan regulasi, termasuk apa yang termaktub di Kode Disiplin, semua tergantung dari PSSI.

"Yang namanya aturan itu tetap harus ditegakkan, apa pun itu ujungnya, konsekuensinya tetap harus dijalankan, sehingga tinggal bagaimana mau ada perubahan, mau ada perbaikan, itu semua tergantung daripada kebijakan PSSI," ujar Ferry.

3. Komite yang membawahi suporter harus mencari jalan keluar

PSSI Akan Rapat dengan Komdis dan LIB, Bahas Suporter TandangPersija foto bersama The Jakmania seusai pertandingan kontra Barito, Sabtu (18/6/2022), (Foto:Instagram/Persija).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bersedia untuk menampung keinginan beberapa pihak yang menginginkan suporter tur tandang dengan jumlah terbatas.

"Ada usul soal suporter. Boleh tidak kalau suporter diundang datang dengan jumlah yang terbatas. Silakan diajukan ke PSSI," ujar Erick.

Ferry berujar, agar masalah suporter tandang ini tuntas, komite di PSSI yang membawahi suporter harus bergerak. Mereka harus bertemu dengan para suporter, mencari jalan terbaik sekaligus memberi pengertian.

"Rasanya PSSI, Komite Suporter, PNSSI (Presidium Nasional Suporter Sepakbola Indonesia), tinggal mencarikan jalan keluar terbaik untuk melihat situasi bahwa ketentuan yang dikeluarkan PSSI itu (larangan suporter tandang) datangnya dari rekomendasi FIFA," ujar Ferry.

Baca Juga: Pelarangan Suporter Tim Tamu Liga 1, Buah Simalakama Ketum PSSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya