PSSI Akan Membentuk Presidential Office, Apa Fungsinya?

Respons atas PHK di PSSI belakangan

Jakarta, IDN Times - Sebuah isu baru menyeruak ke permukaan, seiring dengan adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di PSSI. Kabarnya, akan ada badan baru yang dibentuk di federasi bernama Presidential Office.

Kabar ini diembuskan Founder Football Institute, Budi Setiawan. Dalam konten YouTube Futbolitik, dia mengungkapkan badan ini akan mereduksi kewenangan jabatan-jabatan tertentu, semacam Kantor Staf Presiden (KSP).

"Akan ada skema baru dalam organisasi, akan ada upaya untuk membatasi jabatan-jabatan tertentu di PSSI, sehingga tidak bisa langsung Ketum. Istilahnya akan ada Presidential Office di PSSI. Kalau di negara itu semacam KSP," kata Budi.

1. Jabatan yang direduksi adalah Sekjen

PSSI Akan Membentuk Presidential Office, Apa Fungsinya?Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri), ditemani Direktur Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi A. Kusumo (tengah), dan Sekjen PSSI Yunus Nusi melakukan inspeksi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (7/9/2024). (Dok. PSSI)

Budi menegaskan, jabatan yang akan direduksi kewenangannya di PSSI itu adalah Sekretaris Jenderal (Sekjen). Nantinya, kewenangan Sekjen tidak akan leluasa, karena dibatasi Presidential Office ini.

"Jadi Sekjen ke depan tidak akan bisa langsung ke Ketum. Lalu tanda tangan administrasi, surat, yang biasa dulu Sekjen, ke depan harus ada tanda tangan Ketum. Ada organ baru (Presidential Office) untuk menyaring," kata Budi.

Baca Juga: PSSI Investigasi Fans Jebolan Nonton Timnas vs Australia

2. Jadi jembatan juga untuk FIFA Office

PSSI Akan Membentuk Presidential Office, Apa Fungsinya?instagram.com/erickthohir

Budi juga mengungkapkan, Presidential Office ini juga akan jadi jembatan bagi PSSI berkoordinasi dengan FIFA Office di Jakarta. Selama ini, koordinasi itu belum berjalan optimal.

"Termasuk juga sebagai jembatan ke FIFA Office di Jakarta, selama ini kan belum optimal. Jadi mungkin ada opsi personel FIFA Office itu akan diperbantukan di PSSI, mereka akan melakukan penyesuaian dan juga transfer knowledge," kata Budi.

3. Siapa yang akan mengisi badan ini?

PSSI Akan Membentuk Presidential Office, Apa Fungsinya?Potret Jokowi dan Erick Thohir menonton Timnas Indonesia. (pssi.org).

Dengan fungsinya sebagai pengawas Sekjen dan penghubung dengan FIFA Office, Budi mengatakan orang yang akan mengisi Presidential Office ini adalah orang kepercayaan Erick Thohir. Terkait isu mengenai orang Mahaka, dia tidak mau bicara banyak.

"Gosipnya kan orang Mahaka, sebetulanya ada beberapa orang Mahaka di sana, dan itu bukan di PSSI tapi di PT GSI, dan melihat prahara kemarin, itu PT GSI nanti tak akan pegang marketing, tetapi juga pegang media PSSI," kata Budi.

Baca Juga: Konten Berbau Politik Ada di Akun Timnas, PSSI Tuai Pro-Kontra

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya