Prancis vs Portugal, Mampukah Mbappe Pulangkan Idolanya?

Mbappe memang mengidolai Ronaldo

Jakarta, IDN Times - Prancis akan bersua lawan berat di perempat final Euro 2024. Mereka sudah ditunggu oleh juara edisi 2016, Portugal. Laga ini akan jadi duel antara idola dan penggemar, Cristiano Ronaldo versus Kylian Mbappe.

Sudah bukan rahasia umum lagi Mbappe begitu mengidolai Ronaldo. Dia tumbuh dengan poster-poster Ronaldo di dinding kamarnya. Dia juga pernah bertemu langsung dengan Ronaldo di Valdebebas pada 2012.

Sekarang, Mbappe punya peluang besar mengakhiri perjalanan Ronaldo di Euro 2024. Tidak cuma itu, Mbappe juga bisa mengakhiri karier Ronaldo di Euro.

1. Euro 2024 adalah terakhir buat Ronaldo

Prancis vs Portugal, Mampukah Mbappe Pulangkan Idolanya?Cristiano Ronaldo melakukan sepakan penalti melawan Slovenia pada Euro 2024. (uefa.com)

Ronaldo mengamini Euro 2024 adalah yang terakhir baginya. Hal itu dia tegaskan tak lama setelah Portugal memenangi adu penalti lawan Slovenia di 16 besar.

"Tak diragukan lagi, ini (Euro 2024) adalah Kejuaraan Eropa terakhir bagi saya," kata Ronaldo dilansir ESPN, sembari mukanya dihiasi dengan sendu, karena banyak orang yang masih memberikannya dukungan.

Situasi sulit tengah dirasakan Ronaldo di Euro 2024. Dari empat laga bersama Portugal di ajang ini, dia belum mencetak gol. Total, dia sudah tidak mencetak gol untuk Portugal di delapan laga resmi terakhir.

Baca Juga: Uniknya Detak Jantung Ronaldo Saat Portugal vs Slovenia

2. Mbappe juga dalam situasi sulit di Euro 2024

Prancis vs Portugal, Mampukah Mbappe Pulangkan Idolanya?Kylian Mbappe (uefa.com)

Tidak jauh dengan Ronaldo, situasi sulit juga tengah dialami Mbappe di Euro 2024. Dari empat laga terakhir yang dilakoni bersama Prancis di ajang itu, dia cuma mencetak satu gol. Itu pun lewat sepakan penalti di laga lawan Polandia.

Ditambah, Mbappe juga harus menggunakan pelindung wajah, buntut cedera tulang hidung yang diderita saat lawan Austria. Alhasil, pandangannya terbatas, dan itu memengaruhi performanya di Euro 2024.

"Dia harus terbiasa dengan itu. Karena, untuk melindungi hidungnya, dia harus menggunakannya selama beberapa pekan, bahkan beberapa bulan," kata pelatih Prancis, Didier Deschamps.

3. Duel antar generasi

Prancis vs Portugal, Mampukah Mbappe Pulangkan Idolanya?Kylian Mbappe (kiri) diadang Yannick Carrasco saat Prancis bertemu Belgia di Euro 2024. (uefa.com)

Mbappe versus Ronaldo disebut sebagai duel antar generasi. Saat ini, Mbappe digadang-gadang sebagai talenta masa depan, penerus Ronaldo. Ada juga Erling Haaland yang mendapatkan sematan serupa.

Mbappe sudah mencetak 48 gol bersama Prancis, juga menorehkan 48 gol dari 73 laga di Liga Champions. Dia masih jauh dari catatan Ronaldo yang sudah menorehkan 130 gol bersama Portugal dan 140 gol di Liga Champions.

Akan tetapi, Mbappe punya potensi besar membuat Ronaldo pulang lebih cepat di Euro 2024. Jika Prancis menang atas Portugal, dia berkesempatan melihat idolanya menangis lagi, seperti ketika lawan Slovenia.

Baca Juga: 4 Pertemuan Portugal dan Prancis di Euro, Siapa Lebih Unggul?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya