Popularitas Madrid-Barcelona Tersaingi Aroma Basque

Aroma Basque begitu kental di Spanyol

Intinya Sih...

  • Dominasi pemain Basque di skuad Spanyol untuk Euro 2024 begitu terasa
  • Le Normand, Merino, Oyarzabal, adalah pemain yang tertaut dengan Basque dalam kesuksesan Spanyol
  • Pelatih Luis de la Fuente berhasil mengintegrasikan aroma sepak bola Basque ke dalam tim Spanyol Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Ketika juara Euro 2012 lalu, Spanyol banyak berisikan pemain dari Real Madrid dan Barcelona. Pemain asal Basque saat itu tidak banyak, seperti Javi Martinez dan Fernando Llorente.

Memang, ada Xabi Alonso yang berasal dari Basque, tetapi statusnya pemain Madrid. Sekarang, di Euro 2024, situasi sudah berbeda di Spanyol. Dominasi pemain yang membela klub Basque mulai terasa, dan jadi tumpuan tim sepanjang turnamen.

1. Banyak pemain berasal dari Real Sociedad dan Athletic Bilbao

Popularitas Madrid-Barcelona Tersaingi Aroma BasqueRobin Le Normand bermain di Euro 2024. (instagram.com/lenormand_r)

Dalam skuad Spanyol untuk Euro 2024, banyak pemain yang berasal dari Real Sociedad dan Athletic Bilbao, dua klub LaLiga yang erat dengan Basque. Di belakang, ada Robin Le Normand (Sociedad) dan Daniel Vivian (Bilbao). Ada juga Aymeric Laporte yang berdarah Basque.

Beranjak ke lini tengah, ada Mikel Merino (Sociedad) dan Martin Zubimendi (Sociedad) yang berasal dari Basque. Naik ke depan, Mikel Oyarzabal (Sociedad) serta Nico Williams (Bilbao) juga merupakan pemain di klub asal Basque.

Baca Juga: Juara Euro 2024, Pemain Spanyol Diguyur Bonus Rp7,1 Miliar

2. Mereka punya peran penting

Popularitas Madrid-Barcelona Tersaingi Aroma BasqueMikel Oyarzabal (uefa.com)

Peran para pemain yang tertaut dengan Basque begitu terasa untuk Spanyol selama Euro 2024. Ambil contoh Le Normand, yang jadi andalan di lini belakang bersama Laporte.

Sedangkan, Zubimendi, Merino, dan Oyarzabal, juga memiliki peran masing-masing. Merino jadi pahlawan kemenangan Spanyol dalam perempat final atas Jerman.

Sedangkan, Oyarzabal dan Zubimendi tampil apik di final lawan Inggris. Oyarzabal mencetak gol kemenangan, sementara Zubimendi mampu jadi pengganti Rodri mengawal lini tengah di laga tersebut.

3. Jangan lupa, pelatihnya juga erat dengan Basque

Popularitas Madrid-Barcelona Tersaingi Aroma Basquepotret Luis de la Fuente (uefa.com)

Aroma Basque Spanyol di Euro 2024 ini makin lengkap, karena diasuh oleh Luis de la Fuente. De la Fuente pernah main lama untuk Athletic Bilbao, pada periode 1976 sampai 1987, serta 1991 hingga 1993.

De la Fuente membantu Bilbao menjuarai LaLiga pada 1983 dan 1984. Alhasil, dia tentu akrab dengan sepak bola Basque, dan sukses mengintegrasikannya di skuad Spanyol untuk Euro 2024, menggantikan poros Barcelona-Madrid.

Baca Juga: Usai Euro 2024, Spanyol Targetkan Juara Piala Dunia 2026

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya