Piala Presiden 2024 Hanya Diikuti 8 Tim? Ini Alasannya

Ada penyaringan khusus dari panitia

Intinya Sih...

  • Delapan tim yang akan mengikuti Piala Presiden 2024 dipilih berdasarkan sejarah partisipasi dan prestasi mereka dalam ajang ini.
  • Pembagian grup didasarkan pada seeded yang ditetapkan berdasarkan peringkat klub di musim lalu, dengan pengecualian Persib dan Persija.
  • Piala Presiden 2024 akan dihelat di tiga stadion, yaitu Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Manahan.

Jakarta, IDN Times - Anggota Steering Committee (SC) Piala Presiden 2024, Ferry Paulus, mengatakan ada alasan tersendiri kenapa ajang tersebut hanya diikuti delapan tim. Hal ini sempat menjadi pertanyaan.

Delapan tim yang rencananya bakal mengikuti Piala Presiden 2024 adalah Persib, Persis, PSM, Borneo FC, Bali United, Arema FC, Persija, dan Madura United. Apa landasan panitia pelaksana hanya memilih delapan tim tersebut?

Baca Juga: Piala Presiden 2024 Siap Dihelat, Hadiah Lebih Besar dari Liga 1

1. Penjelasan dari panitia Piala Presiden 2024

Piala Presiden 2024 Hanya Diikuti 8 Tim? Ini AlasannyaJumpa pers Piala Presiden 2024 pada Senin (15/7/2024). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Menurut Ferry, dipilihnya Persib, Persija, dan Arema, karena ketiganya rutin mengikuti ajang Piala Presiden sejak 2015 silam. Ditambah lagi, ketiganya juga pernah menjadi juara ajang ini, minimal sekali.

"Ada tiga klub yang selalu berpartisipasi karena ini judulnya adalah Piala Presiden, maka klub itu harus berpartisipasi. Ada Persib Bandung, ada Persija Jakarta, dan Arema juara bertahan," ujar Ferry dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Senin (15/7/2024).

Untuk Bali United dan Persis, mereka dipilih karena menjadi tuan rumah. Sedangkan Madura United, PSM, dan Borneo FC Samarinda dipilih karena berkontestasi di turnamen klub Asia.

"Nah ada empat klub lagi yang berpartisipasi, memilihnya dengan mengambil kontestan yang berpartisipasi di kompetisi Asia, ada Madura United, ada Persib, kemudian PSM, dan terakhir Borneo, jadi delapan sudah," kata Ferry.

2. Pembagian grup berdasarkan seeded panitia pelaksana

Piala Presiden 2024 Hanya Diikuti 8 Tim? Ini AlasannyaJumpa pers Piala Presiden 2024 pada Senin (15/7/2024). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Untuk pembagian grup, Ferry menjelaskan, hal itu berdasarkan seeded yang ditetapkan. Seeded ini didasarkan peringkat dari masing-masing klub di reguler series musim lalu, dengan pengecualian Persib dan Persija jumpa di fase grup.

"Pembagian grup tentunya berdasarkan seeded. Tuan rumah dapat Bandung (Persib) dan Bali (Bali United). Terus yang tidak kalah penting adalah memang ada resistensi dari rivalitas, jadi rivalitas itu jangan bertemu di awal-awal," ujar Ferry.

3. Ini pembagian grup Piala Presiden 2024

Piala Presiden 2024 Hanya Diikuti 8 Tim? Ini AlasannyaTrofi Piala Presiden 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Piala Presiden 2024 akan dihelat di tiga stadion, yaitu Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Manahan. Khusus Manahan, stadion ini akan jadi venue laga semifinal dan final.

Merunut jadwal, Piala Presiden 2024 akan dihelat pada 19 Juli sampai 4 Agustus 2024. Total ada delapan peserta yang mengikuti ajang ini, yang terbagi dalam dua grup, yaitu Grup A dan Grup B.

Grup A: Persib Bandung, Persis Solo, Borneo FC Samarinda, PSM Makassar

Grup B: Madura United, Bali United, Arema FC, Persija Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya