Pesan Erick Thohir ke Timnas U-16 Usai Raih Tempat Ketiga

Timnas U-16 harus introspeksi

Intinya Sih...

  • Erick Thohir meminta Timnas U-16 tidak berpuas diri setelah meraih tempat ketiga di Piala AFF U-16 2024.
  • Kekalahan dari Australia di semifinal diharapkan menjadi introspeksi bagi pemain dan pelatih, mengingat Indonesia adalah juara bertahan.
  • Timnas U-16 menang telak 5-0 atas Vietnam dalam perebutan peringkat tiga, Erick tetap bangga dan menekankan pentingnya mental pemenang.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memberikan pesan kepada para penggawa Timnas Indonesia U-16 setelah meraih tempat ketiga di Piala AFF U-16 2024. Dia meminta agar hasil ini tidak membuat Timnas U-16 berpuas diri.

"Saya bangga Timnas U-16 menang lawan Vietnam dengan jumlah gol yang besar. Namun, jangan sampai hasil ini (peringkat tiga Piala AFF U-16) membuat kita jadi besar kepala," ujar Erick dalam keterangan resmi.

1. Mengingat kekalahan dari Australia sebagai evaluasi

Pesan Erick Thohir ke Timnas U-16 Usai Raih Tempat KetigaPotret Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Erick berharap alih-alih terlalu berbangga akan peringkat tiga, Timnas U-16 mengingat kekalahan dari Australia di semifinal sebagai pengingat dan bahan introspeksi. Apalagi, Indonesia adalah juara bertahan di ajang ini.

"Justru kekalahan dari Australia kemarin harus jadi bagian dari introspeksi diri, baik dari pemain maupun pelatih. Apalagi, kami masuk ke kejuaraan ini sebagai juara bertahan," ujar Erick.

Baca Juga: Timnas U-16 Petik Pelajaran Berharga di ASEAN Championship

2. Tetap apresiasi perjuangan Timnas U-16

Pesan Erick Thohir ke Timnas U-16 Usai Raih Tempat KetigaPotret Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Terlepas dari apa pun hasil yang didapat Timnas U-16 di Piala AFF U-16 2024, Erick tetap bangga. Kemenangan atas Vietnam jadi cermin Garuda Muda mampu bangkit dari kekalahan.

"Di laga-laga itu, harus membuktikan Timnas kita lebih baik dari hari ini. Bisa bangkit dari kekalahan, lalu cetak gol banyak, menunjukkan kita punya mental pemenang," kata Erick.

3. Timnas U-16 kunci peringkat tiga Piala AFF usai gilas Vietnam

Pesan Erick Thohir ke Timnas U-16 Usai Raih Tempat KetigaPotret pemain Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Timnas U-16 memenangi laga perebutan peringkat tiga Piala AFF U-16 2024 atas Vietnam. Bertanding di Stadion Manahan, Rabu (3/7/2024) sore, Timnas U-16 menang telak dengan skor 5-0.

Sebanyak lima gol Timnas U-16 dicetak Zahaby Gholy (45', 78'), Dafa Zaidan (45+3'), dan Daniel Alfrido (75', 82'). Skor yang muncul menggambarkan bagaimana dominasi Timnas U-16 atas Vietnam.

Setelah Piala AFF U-16 2024, Timnas U-16 akan melakoni laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Mereka satu grup dengan Kuwait, Kepulauan Mariana Utara, dan Australia.

Baca Juga: Timnas U-16 Kunci Peringkat 3 Piala AFF Usai Bekuk Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya