Persija Catatkan Kekalahan Perdana di Liga 1 2024/25

Persija kalah dengan skor 1-3

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta tumbang dalam laga pekan keempat Liga 1 2024/25. Bersua PSBS Biak di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (12/9/2024) malam, skuad 'Macan Kemayoran' kalah dengan skor 1-3.

Gol-gol di laga ini dicetak oleh Julian Velazquez (33', 72'), gol bunuh diri Syahrian Abimanyu (89') untuk PSBS, serta Hanif Sjahbandi (45+2') untuk Persija. PSBS sukses membuat Riko Simanjuntak dan kolega tidak berkutik.

Di awal babak pertama, Persija langsung menggebrak pertahanan PSBS. Dimotori trio Ryo Matsumura, Rayhan Hannan, dan Gustavo Almeida, ditopang Riko Simanjuntak dan Firza Andika, Persija menekan pertahanan PSBS.

Alhasil, PSBS sempat dibuat kerepotan oleh permainan Persija. Julian Velazquez dan Fabiano Beltrame harus berjibaku menghalau serangan-serangan Persija. Kendati terus menekan, Persija urung mencetak angka.

Hal itu tak lepas dari rapinya permainan PSBS. Dibandingkan tiga laga awal, mereka bermain lebih percaya diri. Alhasil, mereka berhasil mencetak gol pertama pada menit 33.

Berawal dari sepakan bebas Todd Ferre, Velazquez berhasil membobol gawang Persija lewat sundulannya. Skor berubah 1-0 untuk PSBS.

Ketertinggalan ini membuat Persija menggebrak di sisa waktu babak pertama. Upaya Persija membuahkan hasil. Tepat sebelum babak pertama tuntas, mereka mencetak gol via sepakan terukur Hanif Sjahbandi memanfaatkan umpan Ryo Matsumura. Skor berubah 1-1 dan tidak berubah sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Persija melakukan beberapa perubahan. Sempat diberitakan tak akan main, Rizky Ridho ternyata tetap ambil bagian di laga lawan PSBS. Dia masuk bersama Witan Sulaeman dan Syahrian Abimanyu.

Sementara itu, PSBS memasukkan Jeam Kelly Sroyer dan Muhammad Tahir. Masuknya beberapa nama baru ini membuat intensitas laga tetap terjaga. PSBS jadi tim yang lebih dominan dalam menguasai bola hingga pertengahan babak kedua.

Meski PSBS dominan, Persija sebenarnya bermain lebih efektif di awal hingga pertengahan babak kedua. Mereka banyak memeragakan permainan direct dan hal itu menjadi ancaman tersendiri bagi pertahanan PSBS.

Ciamiknya, PSBS mampu menahan serangan-serangan tersebut dan menyengat balik Persija. Hasilnya, pada menit 72, PSBS mencetak gol lagi lewat sundulan Velazquez. Masih dengan pola sama, berawal dari sepakan bebas yang kali ini dieksekusi Tahir.

Tertinggal lagi, Persija pun berusaha untuk mengejar. Mereka meningkatkan tekanan ke gawang PSBS, berupaya mencari gol penyama. Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, ketertinggalan Persija justru bertambah.

Pada menit 89, PSBS mendapatkan gol tambahan usai Persija mencetak gol bunuh diri via Syahrian Abimanyu. Skor berubah 3-1, dan bertahan sampai babak kedua tuntas. 'Macan Kemayoran' akhirnya kalah di Liga 1 2024/25 untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Lawan PSBS Biak, Persija Pastikan Tak Turunkan Rizky Ridho

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya