Pemain Naturalisasi Sudah Kembalikan Paspor Lama ke Imigrasi

Dirjen Imigrasi Kemenkumham beri penjelasan

Jakarta, IDN Times - Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Silmy Karim menjawab isu soal pemain naturalisasi yang belum kembalikan paspor lamanya. Dia memastikan isu itu tidak valid.

"Dari proses mendapatkan paspor Indonesia sudah memenuhi persyaratan, termasuk menyerahkan kewarganegaraan lamanya," ujar Silmy ketika dihubungi IDN Times, Jumat (13/9/2024).

1. Imigrasi sudah menjalankan aturan

Pemain Naturalisasi Sudah Kembalikan Paspor Lama ke ImigrasiDirjen Imigrasi Silmy Karim. (dok. KJRI Sydney)

Silmy juga menegaskan, Dirjen Imigrasi Kemenkumham sudah menjalan aturan, di mana syarat mendapatkan paspor Indonesia adalah dengan mengembalikan paspor negara lamanya. Tahapan proses naturalisasi juga dilaksanakan sesuai aturan.

"Mereka mendapatkan paspor sudah melalui proses yang sesuai dengan aturan yang berlaku, dan tahapan dalam prosesnya (naturalisasi) juga sesuai, bahkan ada Keppres-nya," kata Silmy.

Baca Juga: Jawaban Gak Lugas PSSI soal Isu Paspor Pemain Naturalisasi

2. Jawaban PSSI sempat tak lugas

Pemain Naturalisasi Sudah Kembalikan Paspor Lama ke ImigrasiArya Sinulingga ditunjuk jadi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sebelumnya, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga memberi jawaban tidak lugas terkait paspor para pemain naturalisasi ini. Dia hanya mengungkapkan, para pemain naturalisasi sudah melalui prosedur hukum yang berlaku.

Mereka sudah kami urus sesuai dengan hukum mendapatkan status warga negara. Kemudian, mereka juga kami bawa nih ke FIFA, pindah federasi dari negara asalnya menjadi federasinya Indonesia," kata Arya.

3. Isu paspor pemain naturalisasi sempat jadi perbincangan

Pemain Naturalisasi Sudah Kembalikan Paspor Lama ke ImigrasiPotret bek Timnas Indonesia, Jay Idzes. (pssi.org).

Media sosial diramaikan dengan kabar para pemain naturalisasi Timnas yang disebut belum mengembalikan paspor ke Kedubes Belanda untuk Indonesia setelah resmi menjadi WNI.

Akun Facebook Cocomeo News membagikan gambar berisi pernyataan yang menyebut ada 12 pemain naturalisasi yang tidak mengembalikan paspor ke Kedubes Belanda.

"Hanya Sandy Walsh yang balikin paspor Belanda. Sedangkan, 12 diaspora lainnya, tak balikin paspor Belandanya. Artinya apa?" tulis pernyataan dalam gambar yang dibagikan akun tersebut.

Situasi memanas tatkala eks Dubes RI untuk Polandia dan politikus Partai Nasdem, Peter Gontha, menyinggung soal paspor ini dalam unggahan di akun Instagramnya. Dia menyebut tahu soal isu paspor Belanda yang tak dikembalikan.

"Apakah Anda tahu, bahwa naturalisasi mereka hanya sementara. Karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka? (saya tahu)," cuit Peter.

4. Naturalisasi marak di era Erick Thohir

Pemain Naturalisasi Sudah Kembalikan Paspor Lama ke ImigrasiMaarten Paes (tengah-depan) saat laga lawan Australia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. (instagram.com/maartenpaes)

Naturalisasi pemain keturunan telah menjadi bagian dari program PSSI sejak lama. Di era kepengurusan Erick Thohir, tercatat ada 13 pemain naturalisasi yang aktif membela Timnas Indonesia.

Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, Ivar Jenner, Jordi Amat, Justin Hubner, Jay Idzes, Calvin Verdonk, Thom Haye, Shayne Pattynama, Maarten Paes, dan Ragnar Oratmangoen.

Tidak lupa, ada Jens Raven yang membela Timnas U-20. Selanjutnya, PSSI juga berencana melakukan proses naturalisasi untuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baca Juga: Blijvers, Salah Satu Kunci dari Perburuan Atlet Naturalisasi Indonesia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya