Pelatih Suwon: Arhan Bikin Kacau, Harus Ambil Pelajaran

Arhan kena kartu merah dalam debut lawan Suwon

Jakarta, IDN Times - Pelatih Suwon FC, Kim Eun Jung, tak bisa menyembunyikan kekecewaannya pada Pratama Arhan. Dia menyebut, kartu merah yang didapat penggawa Timnas Indonesia di laga lawan Jeju, Minggu (26/4/2024), mengacaukan semuanya.

"Kami mengubah taktik di babak kedua, tetapi pemain kami (Arhan) tiba-tiba dikeluarkan dari lapangan dan keadaan menjadi kacau," kata Eun Jung seperti dilansir dari media Korea, Naver.

1. Penyelamatan apik kiper Jeju

Pelatih Suwon: Arhan Bikin Kacau, Harus Ambil PelajaranMomen Pratama Arhan menyapa penonton seusai pertandingan. (instagram.com/pratamaarhan8/)

Selain karena Arhan yang terkena kartu merah, Kim mengakui Suwon kesulitan karena kiper Jeju tampil ciamik. Beberapa penyelamatan krusialnya membuat Suwon urung mencetak gol.

"Bahkan dalam situasi kami kurang satu pemain, ada peluang yang diciptakan. Sangat disayangkan kami tidak bisa mencetak gol karena penyelamatan kiper Jeju. Saya pikir para pemain telah melakukan yang terbaik," beber Kim.

Baca Juga: Arhan Dapat Kartu Merah Saat Debut, Pelatih Suwon Pasang Badan

2. Arhan harus petik pelajaran

Pelatih Suwon: Arhan Bikin Kacau, Harus Ambil PelajaranJumpa pers Pratama Arhan bersama Suwon FC. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Lebih lanjut, Kim berkata Arhan harus memetik pelajaran dari kartu merah yang dia dapat ini. Harapannya, debut kurang menyenangkan ini akan membantu eks penggawa PSIS itu berkembang ke depannya.

"Dia berusaha, bekerja keras dan secara tidak sengaja dikeluarkan [wasit]. Saya harap dia bisa bertumbuh menuju level lain melalui pengalaman ini," ujar Kim.

3. Bagaimana Arhan bisa terkena kartu merah?

Pelatih Suwon: Arhan Bikin Kacau, Harus Ambil PelajaranPinterest

Setelah diparkir selama 14 laga, Arhan akhirnya dimainkan pada pekan 15 K League 1 2024, ketika Suwon bertandang ke markas Jeju. Dia turun pada menit 72, saat kondisi Suwon tertinggal 0-1 oleh gol Seo Jin Su pada menit 12.

Begitu turun ke lapangan, Arhan langsung tampil agresif. Dia melakukan pressing, bahkan mengejar bola hingga ke daerah pertahanan Jeju. Pada menit 73, ada sebuah insiden yang melibatkan Arhan dan pemain Jeju, Rim Chang Woo.

Di sisi kanan pertahanan Jeju, Arhan dan bek Jeju, Rim Chang Woo, tampak saling menggapai bola. Dalam situasi itu, Arhan terlihat menjegal Rim yang sejatinya sudah menggapai bola. Rim pun terjatuh. Ini jadi awal petaka bagi Arhan.

Setelah momen itu, wasit Kim Woo Sung yang memimpin laga memutuskan untuk mengecek insiden itu dengan VAR. Setelah tertunda tiga menit, wasit akhirnya memberikan kartu merah untuk Arhan, buah hasil pengecekannya itu.

Debut Pratama Arhan pun berlangsung singkat. Hanya diberi kesempatan main tiga sampai empat menit, dia langsung kena kartu merah. Hukuman ini sontak membuat Suwon harus memarkir dirinya lagi.

Baca Juga: Kartu Merah Warnai Debut Pratama Arhan Bersama Suwon

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya