Pelatih Australia Tak Ciut dengan Atmosfer SUGBK: Itu Hal Biasa

Justru, Australia ingin SUGBK ramai seramai-ramainya

Jakarta, IDN Times - Pelatih Australia, Graham Arnold, mengaku tidak takut dengan potensi atmosfer yang disajikan fans Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Dia menilai, para pemainnya sudah terbiasa dengan itu.

"Kami sudah terbiasa menghadapi crowd di laga-laga besar, dan kami lebih senang main di stadion yang ramai seperti ini (SUGBK), ditonton oleh 70.000 orang dari tribune, ketimbang main di stadion sepi," kata Arnold dalam sesi jumpa pers jelang laga.

1. Akui ada tekanan, tetapi itu berlaku juga untuk Indonesia

Pelatih Australia Tak Ciut dengan Atmosfer SUGBK: Itu Hal BiasaPotret suporter saat mendukung Timnas Indonesia vs Irak di SUGBK, 6 Juni 2024. (IDN Times/Naufal Fatahillah).

Arnold mengakui, main di stadion yang memiliki atmosfer SUGBK memberikan tekanan tersendiri. Namun, dia mengingatkan bahwa tekanan ini pada akhirnya tidak cuma berlaku untuk timnya. Tekanan juga berlaku untuk para pemain Indonesia.

"Soal atmosfer, memang saya pikir Indonesia sebagai tim kandang akan mendapat dukungan dari suporter dan itu bisa memberi tekanan. Tetapi untuk atmosfer itu, bisa saja berdampak ke dua tim, baik tim kandang mau tandang," kata Arnold.

Baca Juga: Timnas vs Australia: Sinyal dari Shin Tae Yong Main Bertahan

2. Pemain Australia tidak sabar merasakan atmosfer SUGBK

Pelatih Australia Tak Ciut dengan Atmosfer SUGBK: Itu Hal BiasaPelatih Australia, Graham Arnold dan bek Australia, Aziz Behich dalam jumpa pers jelang lawan Timnas Indonesia di SUGBK, Senin (9/9/2024). (IDN Times/Tino)

Pemain Australia, Aziz Behich, juga mengaku tidak sabar dengan atmosfer yang bakal disajikan para fans Timnas Indonesia di SUGBK. Malah, dia ingin agar suasana di stadion nanti ramai.

"Kami sangat bersemangat, tidak sabar dengan atmosfer yang katanya sangat seru. Semoga pertandingan berjalan baik untuk kami, Jadi kita lihat saja bagaimana performa kami di laga nanti," kata Behich.

3. Australia berbekal keunggulan atas Indonesia

Pelatih Australia Tak Ciut dengan Atmosfer SUGBK: Itu Hal BiasaTimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Australia akan bersua Timnas Indonesia di SUGBK, dalam laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (10/9/2024). Australia sejatinya jadi tim yang lebih dominan jelang laga ini.

Dilansir laman 11v11, mereka menang 15 kali, tiga kali imbang, dan sekali kalah, dalam 19 pertemuan terakhir lawan Indonesia di semua ajang.

Dalam pertemuan terakhir di 16 besar Piala Asia 2023, Australia menang 4-0 atas Indonesia. Terakhir kali skuad Garuda mengalahkan Socceroos terjadi pada 1981 silam. Akankah mereka mengejutkan di SUGBK nanti.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas vs Australia: Justin Hubner Starter?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya