Pelatih Australia Puji Erick, Mau Investasi Demi Indonesia

Australia salut akan investasi Erick untuk Timnas Indonesia

Intinya Sih...

  • Pelatih Australia, Graham Arnold, memberi pujian kepada Erick Thohir atas investasi besar-besaran untuk Timnas Indonesia.
  • Arnold mengakui kualitas Pasukan Garuda dan menekankan perlunya para pemain Australia menunjukkan kemampuan individu serta kesabaran dalam menghadapi Indonesia.
  • Di bawah kepemimpinan Erick, program naturalisasi Indonesia semakin masif dan peringkat Timnas Indonesia dalam ranking FIFA naik drastis.

Jakarta, IDN Times - Pelatih Australia, Graham Arnold, memberi pujian kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Dia salut akan kemauannya berinvestasi secara jor-joran demi kemajuan Timnas Indonesia.

"Indonesia punya ketua umum federasi (Erick Thohir) yang sangat kaya rasa dan mau berinvestasi banyak di sepak bola, Timnas Indonesia. Hal itu sangat berbeda dengan di Australia," kata Arnold, dilansir ESPN FC.

1. Akui kualitas Indonesia

Pelatih Australia Puji Erick, Mau Investasi Demi IndonesiaPesepak bola Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen (kanan) melewati hadangan pesepak bola Timnas Filipina Kevin Ingreso (kiri) dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jelang pertemuan lawan Indonesia pada Selasa (10/9/2024), Arnold secara terang-terangan mengakui kualitas Pasukan Garuda. Berkaca dari laga Arab Saudi, dia melihat Indonesia sangat rapi secara taktik.

"Saya menonton laga (Indonesia) lawan Arab Saudi. Mereka sangat rapi secara taktikal dan pertahanan. Untuk membongkarnya, para pemain Australia harus menunjukkan kemampuan individunya," kata Arnold.

Baca Juga: Australia Akui Indonesia Berkembang Pesat, Harus Diwaspadai

2. Australia punya cara bekuk Indonesia

Pelatih Australia Puji Erick, Mau Investasi Demi IndonesiaPelatih Australia, Graham Arnold dan bek Australia, Aziz Behich dalam jumpa pers jelang lawan Timnas Indonesia di SUGBK, Senin (9/9/2024). (IDN Times/Tino)

Lebih lanjut, Arnold menjelaskan hal lain yang harus Australia lakukan untuk mengalahkan Indonesia. Selain kualitas individu, para pemain Australia harus lebih sabar, tidak terburu-buru seperti ketika lawan Bahrain.

"Dari segi teknis, kami harus lebih sabar, tidak seperti ketika lawan Bahrain. Indonesia adalah lawan yang kuat, dan laga nanti akan berat bagi kami. Australia harus menunjukkan respons yang bagus," ujar Arnold.

3. Apa investasi Erick Thohir untuk Timnas?

Pelatih Australia Puji Erick, Mau Investasi Demi IndonesiaKetum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Di tangan Erick, program naturalisasi Indonesia makin masif. Calvin Verdonk, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, hingga Maarten Paes, menambah kekuatan Skuad Garuda.

Tidak cuma itu, selama periode kepemimpinan Erick juga, peringkat Timnas Indonesia dalam ranking FIFA melesat. Mereka naik drastis dari posisi 149 hingga ke-133 pada rilis terakhir, 18 Juli 2024.

Baca Juga: Kenapa Malaysia Bisa Salip Peringkat FIFA Timnas Indonesia?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya