Paling Sering Kalah, Chelsea Ternyata Tidak Disiplin Pula

Para pemain Chelsea banyak menerima kartu kuning

Jakarta, IDN Times - Malang benar nasib Chelsea sepanjang paruh pertama musim 2023/24. Terbaru, mereka kalah dari Wolverhampton Wanderers (Wolves) dalam laga Premier League akhir pekan lalu.

Kekalahan dari Wolves menjadikan catatan minor Chelsea di Premier League per awal Desember 2023 terus berlanjut. Namun, penderitaan Chelsea tidak cuma di situ saja. Mereka rupanya jadi tim yang paling tidak disiplin.

1. Chelsea jadi tim dengan catatan kartu kuning terbanyak

Paling Sering Kalah, Chelsea Ternyata Tidak Disiplin PulaSelebrasi pemain Chelsea usai membobol gawang Manchester City, Minggu (12/11/2023). (twitter/@ChelseaFC).

Dilansir The Guardian, Chelsea jadi tim dengan catatan kartu kuning terbanyak. Mereka sudah menorehkan 56 kartu kuning di Premier League hingga pertengahan musim 2023/24.

Ternyata, 56 kartu kuning ini belum termasuk yang didapat oleh staf kepelatihan Chelsea. Bahkan, manajer Mauricio Pochettino juga mendapatkan kartu kuning di laga lawan Wolves.

Baca Juga: Chelsea Jadi Raksasa Paling Sering Kalah di 2023

2. Pochettino sanggah timnya tak disiplin

Paling Sering Kalah, Chelsea Ternyata Tidak Disiplin PulaMauricio Pochettino (ANTARA/REUTERS/Marko Djurica)

Menyoal timnya yang mendapatkan banyak kartu kuning, Pochettino enggan menyebut anak-anak asuhnya bandel. Dia berujar, statistik buruk yang didapat Chelsea soal kartu kuning merupakan akibat dari banyaknya pemain muda di tim.

"Bukan karena tidak disiplin, tetapi memang mereka bermain untuk Chelsea, klub besar yang penuh tekanan. Mereka kerap frustrasi, plus minim pengalaman, dan ini adalah sesuatu yang masih bisa kami benahi," ujar Pochettino.

"Jadi, bukan karena mereka tidak disiplin. Pemain hanya ingin menang, tetapi mereka belum punya kemampuan untuk membaca situasi dalam permainan. Itu normal," lanjutnya.

3. Melengkapi catatan buruk Chelsea

Paling Sering Kalah, Chelsea Ternyata Tidak Disiplin PulaCole Palmer (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol penalti kontra Arsenal (instagram.com/chelseafc)

Torehan 56 kartu kuning hingga pertengahan musim 2023/24 ini menambah catatan buruk Chelsea di Premier League. Dalam empat laga terakhir Premier League, mereka tidak pernah sekali pun meraih kemenangan.

Akibat dari hasil buruk itu, Chelsea pun berada di peringkat 10 klasemen sementara Premier League 2023/24, dengan torehan 22 poin dari 18 laga. Mereka baru menang enam kali, dan sudah kalah delapan kali.

Secara keseluruhan, Chelsea ternyata juga jadi tim yang paling sering kalah di 2023. Mereka sudah 19 kali kalah, selama setahun. Catatan itu nyaris menyamai tiga klub papan bawah Eropa, Almeria, Werder Bremen, dan Empoli.

Baca Juga: Misteri Enzo Fernandez Cuma Main 32 Menit Bareng Chelsea

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya