Nagelsmann Kritisi Survei Rasis Timnas Jerman: Gila Betul!

Survei rasis ini keluar jelang Euro 2024

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, mengaku kaget dengan kemunculan survei mengenai Die Mannschaft yang berbaru rasis. Dia bahkan menyebut survei itu sebagai sesuatu yang gila.

Baru-baru ini, ada sebuah survei yang dilakukan oleh jaringan televisi dokumenter Jerman, ARD. Survei berjudul 'Unity, Justice, dan Diversity' ini dilakukan terhadap 1.304 responden secara acak. Hasilnya benar-benar mencengangkan.

Hasil survei menunjukkan 21 persen responden ingin lebih banyak pemain kulit putih di Timnas Jerman. Total 17 persen responden juga kecewa karena Ilkay Guendogan, pemain Jerman keturunan Turki, menjadi kapten timnas. Nagelsmann berang melihat ini.

1. Nagelsmann sebut hasil survei gila

Nagelsmann Kritisi Survei Rasis Timnas Jerman: Gila Betul!Julian Nagelsmann (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Nagelsmann mengaku terkejut dengan hasil survei yang diadakan ARD ini. Dia juga salut dengan respons Joshua Kimmich yang mengecam survei rasis ini, dan menyebut survei ini sesuatu yang gila.

"Josh (Kimmich) merespons survei ini dengan sangat baik lewat sebuah pernyataan yang lugas dan jelas. Saya juga sependapat dengannya. Survei ini sungguh gila. Saya terkejut dengan survei itu, benar-benar rasis," ujar Nagelsmann, dilansir Daily Mirror.

Baca Juga: Julian Nagelsmann, Pelatih Termuda Kedua di Timnas Jerman

2. Jerman adalah tim dan negara yang kosmopolitan

Nagelsmann Kritisi Survei Rasis Timnas Jerman: Gila Betul!Ilkay Guendogan (twitter.com/FCBarcelona)

Nagelsmann menjelaskan, Jerman adalah negara yang kosmopolitan dan terbuka bagi semua. Timnas mereka juga berisikan orang-orang dari beragam etnis. Alhasil, dia mengecam betul survei yang hadir jelang Euro 2024 di Jerman ini.

"Kami menjadi tuan rumah Euro 2024 yang terbuka untuk semua tim. Dan pemain top manapun pasti akan tampil maksimal ketika masuk timnas. Itulah yang kami lakukan dan saya harap tidak pernah melihat lagi survei semacam ini," kata Nagelsmann.

3. Kimmich juga mengecam survei rasis ini

Nagelsmann Kritisi Survei Rasis Timnas Jerman: Gila Betul!Joshua Kimmich dan Thomas Mueller (twitter.com/esmullert_)

Sebelumnya, Kimmich juga mengecam survei rasis ini. Menurutnya, dengan sepak bola yang sejatinya menyatukan semua golongan, survei-survei macam ini tidak mendapatkan tempat di ruang ganti Timnas Jerman.

"Ketika Anda mempertimbangkan akan menjadi tuan rumah Euro 2024, survei-survei rasis macam ini jadi sesuatu yang absurd jika memang tujuannya adalah menyatukan seluruh negeri. Tak ada tempat bagi survei rasis ini di Timnas Jerman," kata Kimmich.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Timnas Jerman dan Bayern Munich

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya