Mills: Logo Garuda di Jersey Timnas Milik Rakyat Indonesia

Mills sesalkan PSSI yang tak berkomunikasi

Jakarta, IDN Times - Logo Garuda jersey Timnas Indonesia menjadi perbincangan hangat. Muncul pemberitaan terkait logo ini muncul di Hak Paten atau Milik (HAKI) yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

HAKI logo Garuda Jersey Timnas Indonesia saat ini dimiliki perorangan dan PSSI. Lalu HAKI logo Garuda Jersey Timnas Indonesia produk Mills terdaftar sebagai milik PSSI. Mills pun angkat bicara soal ini.

1. Logo Garuda versi Mills milik masyarakat Indonesia

Mills: Logo Garuda di Jersey Timnas Milik Rakyat IndonesiaX/Twitter

Kepala Desain Mills, Fajar, berkata bahwa sejak logo Garuda versi Mills ini dipakai Timnas, itu sudah jadi milik masyarakat Indonesia. Dia pun bertanya-tanya mengapa PSSI mematenkan logo Garuda di jersey Timnas buatan Mills.

"Bagi kami sejak logo tersebut dipakai oleh Timnas, sebenarnya logo tersebut sudah menjadi milik seluruh masyarakat indonesia. Sejauh ini setahu kami di tim kreatif tidak ada pemberitahuan dari pihak federasi," kata Fajar dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Logo Garuda Didaftarkan Hak Patennya oleh Erspo, Ini Kata PSSI

2. Tak ada pemberitahuan dari PSSI

Mills: Logo Garuda di Jersey Timnas Milik Rakyat IndonesiaKetum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Fajar berujar bahwa tim kreatif Mills sebenarnya ikhlas saja jika memang hasil karya mereka dipakai negara atau federasi. Namun, dia menyayangkan kenapa PSSI tidak menginfokan ke Mills terkait pematenan ini.

"Kami menyayangkan kenapa PSSI tidak info ke kita dulu. Kalau mengenai didaftarkan sebagai merek itu kami tidak tahu apakah regulasinya bisa diterima oleh Dirjen HAKI atau tidak. Setahu saya lambang Garuda Pancasila tidak bisa didaftarkan oleh organisasi ataupun pribadi," kata Fajar.

3. Mills tidak ingin memperpanjang masalah

Mills: Logo Garuda di Jersey Timnas Milik Rakyat IndonesiaBrand Mills Sport (instagram.com/millssportid)

Fajar mengungkapkan, Mills pun ikhlas jika logo mereka dipatenkan haknya oleh PSSI dan tak mau memperpanjang masalah. Dia berterima kasih bahwa logo Garuda di Jersey Timnas milik Mills dicintai dan disukai masyarakat.

"Kalau dari team creative Mills, kami ikhlas jika memang hasil karya kami berguna untuk federasi ke depannya, apalagi kalau disukai oleh masyarakat. Kami tetap bangga. Manajemen kami tidak mempermasalahkan hal tersebut," kata Fajar.

Mills menceritakan bagaimana awalnya logo ini dibuat. Mereka melakukan research dan development internal dengan waktu yang tak sebentar pada tahun 2022.

Setelah matang dan jadi, logo Garuda untuk Jersey Timnas Indonesia produk Mills, baru dikirimkan ke PSSI untuk disetujui. Nah, belakangan ini ramai diberitakan bahwa logo mereka ini dipatenkan ke HAKI oleh federasi.

Baca Juga: Heboh Logo Garuda Jersey Timnas Didaftarkan Sadad dan PSSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya