Marc Klok Lolos Sanksi, Komite Banding PSSI Sudah Ada?

Jadi, klub sudah bisa mengajukan banding?

Jakarta, IDN Times - Sebuah keanehan terjadi jelang laga Persib lawan Barito Putera di Liga 1 2023/24, Minggu (13/8/2023). Tiba-tiba saja, Komite Banding PSSI sudah ada dan langsung bertugas.

Semua berawal dari sanksi yang diberikan Komite Disiplin (Komdis) PSSI berdasarkan hasil sidang pada 12 Agustus 2023. Persib jadi klub yang banyak mendapatkan sanksi dari Komdis PSSI.

Tiga pemain Persib, yakni Putu Gede Juni Antara, Ciro Alves, dan Marc Klok mendapatkan sanksi larangan main, lantaran tindakan mereka selepas laga Persib lawan Persis di pekan tujuh Liga 1 2023/24. Nah, di sinilah keanehan itu muncul.

1. Marc Klok lolos dari sanksi karena banding

Marc Klok Lolos Sanksi, Komite Banding PSSI Sudah Ada?Marc Klok, Penggawa Timnas U-23. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dalam pernyataan resminya, Persib menyebut salah satu pemain mereka, Marc Klok, lolos dari sanksi lantaran klub mengajukan upaya banding. Awalnya, banding diajukan Persib juga untuk Ciro Alves dan Putu Gede Juni Antara.

Namun, pada akhirnya, hanya Klok saja yang selamat dari sanksi. Sedangkan Putu Gede dan Ciro Alves, tetap terkena hukuman dari Komdis PSSI.

"Setelah menerima surat keputusan dari Komite Disiplin PSSI tentang hukuman terhadap ketiga pemain, PERSIB langsung melayangkan surat permohonan banding pada Sabtu, 12 Agustus 2023," kata Head of Communications PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Adhi Pratama.

Baca Juga: Preview Persib vs Barito: Maung Sedang Krisis

2. Hukuman yang didapat Ciro dan Putu Gede

Marc Klok Lolos Sanksi, Komite Banding PSSI Sudah Ada?Potret Ciro Alves (Instagram.com/cirooficial)

Untuk Klok, buah dari banding ini, larangan bermain 2 pertandingan dan denda Rp75 juta bagi pemain naturalisasi asal Belanda itu dibebaskan. Beda hal dengan hukuman Ciro dan Putu Gede.

Komdis PSSI memberikan tambahan hukuman larangan bermain empat pertandingan bagi Putu Gede Juni Antara, sedangkan Ciro Alves mendapat larangan main di dua pertandingan. Kedua pemain tersebut juga tetap didenda Rp 75 juta.

3. Komite Banding memang sudah ada?

Marc Klok Lolos Sanksi, Komite Banding PSSI Sudah Ada?Logo PSSI. (Website/pssi.org)

Sebelumnya, PSSI sudah mengumumkan 14 Komite Tetap untuk periode 2023 hingga 2027. Namun, di antara 14 komite itu, tak ada Komite Banding PSSI (bersama Komite Etik). Namun, kini tiba-tiba Komite Banding hadir.

Tidak cuma hadir, merujuk pernyataan resmi Persib, Komite Banding PSSI ini sudah memiliki ketua, yakni Ali Mukartono. Dari keanehan di kasus Marc Klok ini, apa memang komite yang masuk badan yudisial federasi itu sudah ada?

Baca Juga: Komdis PSSI Beri Sanksi Tiga Pemain Persib, Salah Satunya Ciro Alves

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya