Liverpool Mulai Temukan Petarung Dalam Diri Wataru Endo

Wataru Endo mulai masuk tim inti Liverpool

Jakarta, IDN Times - Ketika pertama kali pindah ke Liverpool, Wataru Endo kesulitan untuk bersaing. Maklum, adanya Stefan Bajcetic dan Alexis Mac Allister membuat dia susah mendapatkan tempat di tim utama.

Endo sejatinya rutin bermain bagi Liverpool. Tercatat, dia sudah mentas sebanyak 24 kali bersama The Reds musim ini di semua kompetisi, berbalut torehan tiga gol dan satu assist. Namun, jarang sekali dia masuk starting XI.

Sekarang situasi mulai lebih baik bagi Endo. Berkat militansinya, dia mulai jadi andalan manajer Liverpool, Juergen Klopp.

1. Memecahkan rekor yang bertahan 18 tahun

Liverpool Mulai Temukan Petarung Dalam Diri Wataru EndoWataru Endo bermain bersama Liverpool. (instagram.com/endowataru)

Sekitar 18 tahun lalu, atau pada Januari 2006, ada beberapa pemain yang sempat tampil dalam lima laga beruntun selama 13 hari di Liverpool. Mereka adalah Steve Finnan, Jamie Carragher, Sami Hyppia, Steven Gerrard, Harry Kewell, dan Peter Crouch.

Kini, ada lagi pemain yang menorehkan catatan serupa di Liverpool. Pada musim 2023/24, Endo tampil dalam lima laga secara beruntun dalam rentang waktu 13 hari. Dia tidak tersentuh rotasi.

Baca Juga: Kesempurnaan Juergen Klopp dan Liverpool di Boxing Day

2. Buah dari performa sangar Endo

Liverpool Mulai Temukan Petarung Dalam Diri Wataru EndoLiverpool Vs Fulham: Comeback, The Reds Menang 4-3

Rutinnya Endo mentas belakangan ini bersama Liverpool, tak lepas dari performa solidnya di lini tengah. Teranyar, dalam laga lawan Burnley, dia sukses menjaga stabilitas lini tengah Liverpool, membantu lini serang dan pertahanan.

Saat bertahan, Endo mampu menorehkan satu tekel, satu intersep, dan tiga kali sapuan. Ketika menyerang, dia juga mencatatkan dua umpan kunci. Plus, Endo mengatur distribusi bola tim dengan catatan 75 umpan, berbalut persentase 84 persen.

3. Pujian dari Klopp untuk Endo

Liverpool Mulai Temukan Petarung Dalam Diri Wataru EndoWataru Endo (liverpoolfc.com)

Buah dari performa apiknya, Endo mendapatkan pujian dari Klopp. Dia sedikit menyayangkan Endo absen cukup lama karena harus bela Jepang di Piala Asia 2023, padahal performanya sedang impresif.

"Saya senang dengan permainannya. Sayang, ketika dia sudah tampil begitu tangguh, harus pergi ke Piala Asia. Namun, ya tidak apa-apa. Dia adalah pemain luar biasa, dan untuk saat ini, saya senang dengan performa yang dia tunjukkan bersama kami," ujar Klopp.

Baca Juga: Apesnya Newcastle United di Setiap Boxing Day

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya