LIB Pastikan Piala Presiden 2024 Gagal Digelar: Tak Ada Stadion

LIB sempat berjanji Piala Presiden akan dihelat

Intinya Sih...

  • Piala Presiden 2024 batal digelar karena minim ketersediaan stadion
  • Hanya Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung yang memenuhi syarat untuk Piala Presiden
  • LIB sudah merencanakan Piala Presiden 2024 dengan matang, namun ketiadaan stadion membuat ajang tersebut urung digelar

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ferry Paulus memastikan, Piala Presiden 2024 batal digelar. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi diambilnya keputusan ini, termasuk soal ketersediaan stadion.

"Piala Presiden 2024 ini memang sulit dijalankan. Alasannya, karena ketersediaan stadion. Agar Piala Presiden bisa terlaksana, harus ada empat stadion yang tersedia. Nah, itu tidak ada," kata Ferry di Menara Danareksa, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Timnas Indonesia Harus Didukung LIB, Jangan Loyo ke Depannya

1. Hanya ada dua stadion yang tersedia

LIB Pastikan Piala Presiden 2024 Gagal Digelar: Tak Ada StadionKoreografi Bobotoh dukung Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat (IDN Times / Tino Satrio)

Ferry mengatakan, hanya ada dua stadion yang bisa dipakai untuk Piala Presiden 2024, yakni Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali, serta Stadion Si Jalak Harupat di Bandung. Manahan dan Gelora Bung Tomo tak bisa digunakan karena dipakai ajang lain.

"Piala Presiden juga kita mau pakai VAR, tetapi hanya ada Bali (I Wayan Dipta) dan Jalak Harupat (Bandung) yang memenuhi syarat. GBT (Gelora Bung Tomo) dan Manahan dipakai untuk Piala AFF U-19 dan U-16 2024 ini," kata Ferry.

2. Padahal, sudah disiapkan perencanaannya

LIB Pastikan Piala Presiden 2024 Gagal Digelar: Tak Ada StadionPersib lawan Bali United di Liga 1 2023/24. (Dok. Persib)

Ferry juga berujar, sejatinya LIB sudah merancang dan mempersiapkan Piala Presiden 2024 ini sematang mungkin. Akan tetapi, ketiadaan stadion ini membuat LIB urung menggelar ajang tersebut.

"Sebenarnya Piala Presiden itu kita sudah rancang. Secara bisnis, secara exposure ini kita sudah persiapkan. Namun ya memang karena stadion ini, kita merasa ya kurang ideal untuk dilaksanakan, sehingga kita putuskan tidak ada (Piala Presiden)," kata Ferry.

3. Janji yang tak terlaksana lagi

LIB Pastikan Piala Presiden 2024 Gagal Digelar: Tak Ada StadionAjang Liga 1 2023/24. (dok. PT LIB)

Perkataan Ferry ini seolah menepis apa yang pernah dia sampaikan sebelumnya jelang leg kedua final Liga 1 2024/25. Ketika itu, dia berjanji Piala Presiden 2024 akan dihelat sebagai ajang pramusim jelang Liga 1 musim depan.

LIB bahkan sudah memperkirakan, Piala Presiden 2024 ini akan terselenggara paling lambat 10 hari jelang sepak bola Liga 1 2024/25. Namun, pada akhirnya, hal itu tidak terlaksana.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya