Kutukan Jerman Bisa Bawa Inggris Juara Euro 2024

Inggris bisa juara Euro 2024 karena kutukan ini

Jakarta, IDN Times - Ada satu modal yang rupanya bisa membawa Inggris menjuarai Euro 2024. Hal itu berkaitan dengan Jerman dan Spanyol yang menghadapi mereka di perempat final.

Sejak Euro 2012, muncul kutukan Jerman. Jadi, setiap tim yang mengalahkan Jerman, memang bisa melangkah ke final. Tetapi, mereka dipastikan tak akan menjuarai Euro. Siapa saja pernah alami ini?

1. Italia dan Prancis pernah jadi korban

Kutukan Jerman Bisa Bawa Inggris Juara Euro 2024Andrea Pirlo (twitter.com/EURO2024)

Pada Euro 2012, Italia berhasil mengalahkan Jerman dengan ciamik di semifinal. Kemenangan ini membawa mereka ke final. Namun, mereka urung menjadi juara setelah kalah telak dari Spanyol di final.

Geser ke Euro 2016, giliran Prancis yang mengalami problem tersebut. Di semifinal, Prancis berhasil mengalahkan Jerman 2-0. Akan tetapi, mereka urung menjadi juara karena kalah 0-1 dari Portugal di final, padahal statusnya tuan rumah.

Baca Juga: Wasit Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024 Pernah Pimpin Timnas U-23

2. Inggris juga pernah mengalami kutukan serupa

Kutukan Jerman Bisa Bawa Inggris Juara Euro 2024Tiga pemain Inggris, yakni Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka jadi korban rasisme usai Inggris gagal menjadi juara Piala Eropa 2020. (Twitter/@EURO2020).

Finalis Euro 2024, Inggris, rupanya juga pernah mengalami kutukan serupa. Pada edisi 2020, mereka pernah mengalahkan Jerman di babak 16 besar dengan skor 2-0. Mereka pun melaju sampai final.

Sayangnya, Inggris gagal jadi juara, setelah kalah adu penalti dari Italia di final. Padahal, mereka bertanding di kandangnya, Wembley Stadium, dengan menggelorakan jargon Football is Coming Home.

3. Akankah Spanyol mengalami hal serupa

Kutukan Jerman Bisa Bawa Inggris Juara Euro 2024Timnas Spanyol merayakan kesuksesan mencapai final Euro 2024. (x.com/SEFutbol)

Di Euro 2024, Spanyol berhasil mengalahkan Jerman di perempat final. Mereka menang dengan skor 2-1, dan jalannya juga mulus menuju final usai mengalahkan Prancis.

Nah, potensi Spanyol untuk menerima kutukan ini di Euro 2024 pun hadir. Apalagi, kutukan ini tak pernah putus sejak 2012 silam.

Baca Juga: Ronald Koeman: Penalti Inggris Hancurkan Sepak Bola

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya