Kuota Pemain Asing Liga 1 Ditambah karena Pemain Lokal Mahal? 

LIB mengikuti regulasi AFC

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus menanggapi terkait isu mahalnya pemain lokal sebagai sebab potensi bertambahnya kuota pemain asing di Liga 1 2024/25. Dia menegaskan itu adalah hoaks.

"Jadi memang dasarnya (penambahan kuota pemain asing) bukan karena mahalnya pemain lokal dan sebagainya. Tidak. Hoaks itu," ujar Ferry di Menara Danareksa, Kamis (20/6/2024).

1. Landasannya adalah regulasi AFC

Kuota Pemain Asing Liga 1 Ditambah karena Pemain Lokal Mahal? Jumpa pers transformasi Liga 1 bersama PSSI dan PT LIB. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ferry menegaskan, potensi penambahan kuota pemain asing ini berlandaskan pada regulasi yang tengah digodok oleh AFC. Dia ingin, Liga 1 tetap berada pada koridor regulasi pemain asing dari Konfederasi Sepak Bola Asia itu.

"Regulasi pemain asing jadi delapan itu ada alasannya, bahwa AFC memang sedang menggodok regulasi tadi. Bukannya kita mendahului, tetapi kita mau mensinkronisasikannya dengan regulasi pemain asing di Liga 1," ujar Ferry.

Baca Juga: LIB Berlakukan Financial Control di Liga 1 2024/25, Apa Itu?

2. Mengantisipasi bila AFC menerapkan regulasi asing baru

Kuota Pemain Asing Liga 1 Ditambah karena Pemain Lokal Mahal? Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ferry mengungkapkan, LIB sudah mendapatkan kabar bahwa AFC akan menambah kuota pemain asing untuk kompetisi yang berada di bawah naungan mereka. Jadi, untuk antisipasi, mereka pun membuka potensi delapan pemain asing.

"Kita ini udah dapet bocor-bocoran, bisik-bisik tetangga tentang regulasi yang akan dilakukan sama AFC, bahwa pemain asing itu akan menjadi berapa dan sebagainya. Jadi ini semua untuk antisipasi," ujar Ferry.

3. Regulasi ini belum final

Kuota Pemain Asing Liga 1 Ditambah karena Pemain Lokal Mahal? Logo Liga 1. (Dok PT LIB).

Hingga kini, regulasi delapan pemain asing di Liga 1 2024/25 belum diresmikan oleh LIB. Mereka masih terus melakukan finalisasi dan pendalaman, termasuk menyelami protes-protes yang dilancarkan pemain lokal terkait regulasi ini.

"Kaitannya dengan regulasi pemain asing di Liga 1 2024/25, kami masih menunggu finalisasi regulasi dari AFC. Kami juga masih melakukan pendalaman-pendalaman soal ini," ujar Ferry.

Baca Juga: Licensing Club Liga 1 Diperketat, Pengurangan Poin Menanti

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya