Kompaknya Erick dan STY Pompa Semangat Baru Timnas Indonesia

Timnas Indonesia trengginas di dua ajang

Jakarta, IDN Times - Pengamat sepak bola Justinus Lhaksana berkata, Timnas Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Dia menyebut hal ini merupakan buah dari kerja keras Ketum PSSI Erick Thohir dan pelatih Timnas, Shin Tae Yong (STY).

"Kinerja antar PSSI dan pelatih itu penting, bukan hanya Ketum, sehingga pelatih bisa bebas berkarya dan memberikan hasil yang positif seperti sekarang," ujar sosok yang karib disapa Coach Justin itu pada Minggu (10/9/2023).

1. STY dapat dukungan penuh dari Erick

Kompaknya Erick dan STY Pompa Semangat Baru Timnas IndonesiaKetum PSSI bersama pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)

Justin menilai, STY mendapatkan dukungan penuh dari Erick untuk membentuk tim sesuai dengan keinginannya. Selain itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga punya keleluasaan dalam mempersiapkan timnas menghadapi berbagai ajang kompetisi.

"PSSI memberikan fasilitas dan pelatih yang bekerja. Hal inilah yang membuat Timnas mengalami peningkatan signifikan," beber mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia tersebut.

Baca Juga: Syarat Timnas U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23

2. Perubahan tak melulu soal kemenangan

Kompaknya Erick dan STY Pompa Semangat Baru Timnas IndonesiaTimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Justin mengatakan, perubahan tak melulu soal kemenangan. Yang terpenting, STY telah membawa level Timnas meningkat dengan permainan yang lebih percaya diri dalam menguasai bola, bahkan ketika bersua tim lebih kuat.

Dengan persiapan yang matang dan didukung pola permainan yang atraktif, Justin tidak kaget jika Timnas U-23 menang telak atas China Taipei atau Taiwan dengan sembilan gol tanpa balas. Pun dengan Timnas senior yang menang 2-0 atas Turkmenistan.

"Jelas kerjaan STY ada hasilnya, bukan hanya dari skor tapi juga permainan, itu sudah puluhan kali saya bilang," ucap Justin.

3. Timnas harus tingkatkan level permainan secara bertahap

Kompaknya Erick dan STY Pompa Semangat Baru Timnas IndonesiaTimnas Indonesia lawan Turkmenistan. (Dok. PSSI)

Justin menyebut, tolok ukur keberhasilan STY dan PSSI tidak melulu soal hasil pertandingan. Justin menyebut timnas harus secara bertahap dan konsisten dapat terus meningkatkan level permainannya.

"Soal tren positif pasti nanti ada kalahnya karena ini proses. Pelatih itu bukan tukang sulap, tapi asalkan trennya meningkat ya tidak masalah," kata Justin.

Timnas U-23 sukses melumat Taiwan dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo pada Sabtu 9 September 2023. Sebelumnya, Timnas Indonesia senior menang 2-0 lawan Turkmenistan di Surabaya. Agaknya kerja sama Erick dan STY mulai terlihat hasilnya.

Baca Juga: Erick Thohir Tak Sabar Lihat Jay Idzes Berseragam Timnas Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya