Komisi X DPR Setujui Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On bakal dinaturalisasi

Jakarta, IDN Times - Komisi X DPR RI resmi menerima proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Tidak cuma menerima, mereka juga menyetujui proses naturalisasi kedua pemain itu.

Proses penerimaan dan penyetujuan proses naturalisasi ini termaktub dalam rapat kerja yang dihelat di Gedung Nusantara I DPR RI, Senin (4/12/2023). Rapat ini diikuti enam fraksi, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ujar Hetifah.

Meski menyetujui, Komisi X DPR RI tetap memberikan catatan bagi Kemenpora selaku pemberi rekomendasi, dan PSSI selaku pihak yang mengajukan naturalisasi. Salah satunya mengenai proses naturalisasi yang tidak mendadak.

"Komisi X DPR RI mendorong pemerintah dan PSSI agar memerhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun persepak bolaan nasional," ujar Hetifah.

Selanjutnya, keputusan rapat kerja Komisi X DPR RI perihal naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes akan disampaikan pada rapat paripurna. Kini, proses naturalisasi berlanjut ke rapat kerja bersama Komisi III.

Baca Juga: Erick Thohir Tak Sabar Lihat Jay Idzes Berseragam Timnas Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya