Klausul Baru Pelatih Liga 1, Wajib Lepas Pemain ke Timnas

Klausul ini diterapkan di musim 2024/25

Intinya Sih...

  • Ketua PSSI, Erick Thohir, sedang menggodok klausul baru terkait pelepasan pemain ke Timnas Indonesia di Liga 1 2024/25.
  • Pelatih klub Liga 1 2024/25 juga diikat klausul tidak boleh terlibat match fixing untuk menjaga integritas kompetisi.
  • LIB sedang menggodok klausul agar para pelatih Liga 1 mau melepas pemain ke Timnas dan ada kebijakan baru pemanggilan pemain H-4 sebelum FIFA Matchday.

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebut ada klausul baru yang tengah digodok untuk pelatih-pelatih Liga 1 2024/25. Klausul itu berkaitan dengan pelepasan pemain ke Timnas Indonesia.

"Pak Ferry (Paulus, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB)) sudah menyebut, dan jadi bagian kontraknya juga kalau Timnas meminta (pemain klub), klub harus melepas," kata Erick kepada para jurnalis.

1. Pelatih klub juga tidak boleh terjebak match fixing

Klausul Baru Pelatih Liga 1, Wajib Lepas Pemain ke TimnasBojan Hodak (ligaindonesiabaru.com)

Erick juga mengungkapkan, pelatih klub Liga 1 2024/25 juga diikat klausul tidak boleh terlibat match fixing. Hal itu untuk menghindari dugaan praktik-praktik kurang apik dalam penyelenggaraan kompetisi.

"Pak Ferry juga menegaskan dalam aturan di liganya, bahwa semua pelatih klub yang bertugas di sini (Liga 1) tidak boleh terjebak oleh match fixing," kata Erick.

Baca Juga: Permintaan PSSI Dikabulkan LIB, Pemain Timnas Kumpul H-4

2. Sudah ditegaskan juga oleh LIB

Klausul Baru Pelatih Liga 1, Wajib Lepas Pemain ke TimnasJumpa pers transformasi Liga 1 bersama PSSI dan PT LIB. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelumnya, Ferry juga menyebut LIB sudah menggodok klausul bagi para pelatih Liga 1 2024/25 agar mau melepas pemain ke Timnas. Hal itu untuk menghindari polemik yang terjadi seperti di musim 2023/24 lalu.

"Apa namanya, ada tambahan keharusan verifikasi kepada pelatih-pelatih yang akan dikontrak klub (untuk mau melepas pemain ke Timnas). Apalagi jadwal sudah rapi sampai 2027 dan pelatih klub sudah diberitahu itu," ujar Ferry.

3. Pemanggilan pemain Timnas juga melalui prosedur baru

Klausul Baru Pelatih Liga 1, Wajib Lepas Pemain ke TimnasLatihan Timnas Indonesia, Minggu (9/6/2024). (IDN Times/Tino).

Untuk pemanggilan pemain Timnas, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyebut sudah ada kebijakan baru terkait pemanggilan pemain Timnas Indonesia. Para pemain akan dipanggil H-4 sebelum FIFA Matchday.

"Tadi sudah disampaikan oleh Pak Erick dan Pak Ferry pemanggilan pemain Timnas Indonesia itu H-4. Jadi, H-4 semua pemain sudah berkumpul, termasuk yang main di Liga 1," ujar Sumardji.

Baca Juga: Erick: Kalau Korea Mau Rekrut Shin, Saya Tak Bisa Melarang

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya