Ketum PSSI: Mudah-mudahan Timnas Indonesia Bisa ke Piala Dunia

Indonesia harus mengalahkan tim-tim kuat

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, sejatinya berharap Timnas Indonesia bisa lolos Piala Dunia 2026. Akan tetapi, dia juga sadar jalan menuju ke sana sangat berat.

Skuad Garuda baru saja memastikan kelolosan ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, berkat kemenangan atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024). Euforia tengah melanda Timnas Indonesia.

Dengan kelolosan ke babak ketiga ini, jalan Indonesia menuju Piala Dunia 2026 pun makin dekat. Erick pun menguarkan harapannya soal kelolosan skuad Garuda ke ajang tersebut.

"Kemarin kan kita tidak jemawa, tetapi selangkah lagi (Timnas U-23] ke Olimpiade. Ya mudah-mudahan kita diberi kesempatan ke Piala Dunia," kata Erick saat ditemui selepas laga lawan Filipina.

1. Erick mengakui tantangan akan semakin berat

Ketum PSSI: Mudah-mudahan Timnas Indonesia Bisa ke Piala DuniaKetum PSSI, Erick Thohir. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Meski berharap lolos Piala Dunia 2026, Erick sadar bahwa tantangan di babak ketiga kualifikasi makin berat. Sebab, di babak tersebut, Indonesia harus bersaing dengan negara-negara yang masuk deretan 18 besar Asia.

"Ya mungkin kalau dilihat masih ada 18 negara yang akan kami lawan lagi, dan perlu banyak yang ditingkatkan. Apalagi, pertandingan melawan 18 besar negara Asia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sangat berat," kata Erick.

Baca Juga: Jay Idzes Jimat Baru Timnas Indonesia, Nirbobol dalam 3 Laga

2. Timnas Indonesia tak bisa memilih lawan

Ketum PSSI: Mudah-mudahan Timnas Indonesia Bisa ke Piala DuniaPesepak bola Timnas Indonesia Rafael William Struick (kanan) melewati hadangan pesepak bola Timnas Filipina Adrian Ugelvik (kiri) dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Terkait lawan di babak ketiga nanti, Erick menyebut Timnas Indonesia tak bisa memilih lawan. Semua tergantung pengundian yang nanti akan dilakukan AFC. Yang hanya bisa skuad Garuda lakukan adalah menyesuaikan diri.

"Wah, ya kita nggak bisa memilih (lawan). Nanti tergantung pembagian grup. Habis itu ya kita berhitung lah. Posisinya seperti apa, kekuatan kita, kekurangan kita, ya kita mesti segera tambal gitu," kata Erick.

3. Daftar 18 tim yang lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketum PSSI: Mudah-mudahan Timnas Indonesia Bisa ke Piala DuniaPemain Timnas Indonesia, Thom Haye melakukan selebrasi usai membobol gawang Filipina. (ANTARA FOTO)

Merunut jadwal, babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dihelat pada 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025. Dari sini, akan diambil enam negara langsung yang lolos ke Piala Dunia 2026. Undian babak ini akan dihelat pada 27 Juni 2024.

Berikut adalah daftar 18 negara yang lolos babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

- Qatar

- Kuwait

- Jepang

- Korea Utara

- Korea Selatan

- China

- Oman

- Kyrgyztan

- Iran

- Uzbekistan

- Irak

- Indonesia

- Yordania

- Arab Saudi

- Uni Emirat Arab

- Bahrain

- Australia

- Palestina

Baca Juga: Sinyal Shin Tae Yong Tambah Pemain Naturalisasi di Timnas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya